Tiga Mahasiswa UIN Suska Riau Raih Juara Dalam Pemilihan Duta Bahasa Riau 2021

Penulis : Iswatun Hasanah**

Gagasanonline.com – Tiga Mahasiswa UIN Suska Riau kembali mengharumkan nama kampus dengan meraih prestasi menjadi juara dalam pemilihan Duta Bahasa Riau 2021 yang diselenggarakan pada 1 September-30 September 2021. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu  Fazel Al Dzikri dari prodi Teknik Elektro angkatan 2018, Ade Febriansyah dari prodi Ilmu Hukum angkatan 2018, dan Gia Pratiwi prodi Teknik Elektro Angkatan 2018.

Dalam acara yang diadakan oleh Balai Bahasa Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru tersebut, Fazel Al Dzikri berhasil menjadi pemenang I Putra Duta Bahasa Riau 2021, Ade Febriansyah berhasil menjadi pemenang III Putra Duta Bahasa Riau 2021, dan Gia Pratiwi berhasil menjadi pemenang Putri Duta Bahasa Riau Persahabatan 2021.

Fazel mengatakan, setelah menjadi Duta Bahasa Riau 2021, dirinya berharap dapat memberikan dampak kepada masyarakat dengan adanya program-program yang sudah disusun sebelumnya dan berharap bisa menang 10 besar di tingkat nasional mewakili provinsi Riau dalam pemilihan Duta Bahasa di tingkat Nasional nantinya.

Keinginan untuk menjadi Duta Bahasa tersebut bagi Fazel telah tertanam sejak tahun lalu. Mahasiswa Teknik Elektro yang menggemari kesastraan dan bahasa ini mengaku, bahkan sebelum mengikuti Duta Bahasa Riau, dirinya telah menulis di selembar kertas. “Aku adalah pemenang duta Bahasa riau tahun 2021 dan aku akan mewakili riau ke nasional,” kata Fazel, mengenang tulisan tersebut. “Dan alhamdulillah itu tercapai,”  katanya saat diwawancarai pada Selasa (12/10/2021).

Lain cerita dengan Gia Pratiwi, Mahasiswi Teknik Elektro ini mengaku ingin menjadi Duta Bahasa Riau 2021 setelah melihat pasangan Duta Bahasa yang tengah mengisi acara Car Free Day pada 2019 lalu. Gia berharap suatu saat dirinya bisa menjadi Duta Bahasa Riau juga. “Bisa gak ya kita kayak gitu. Bisalah pasti ya zel pasti bisa. Dan Alhamdulillah di tahun 2021 kami bisa jadi Duta Bahasa Riau,” kata.

Dalam seleksi pemilihan Duta Bahasa Riau 2021 tersebut diawali dengan seleksi administrasi, wawancara, penampilan minat dan bakat, tes tertulis, hingga pengumuman 10 pasang finalis, yaitu 10 putra dan 10 putri. Pemenang III Putra Duta Bahasa Riau 2021, Ade Febriansyah mengatakan setelah terpilihnya 10 pasang finalis, kemudian dilakukan pembekalan selama 8 hari. Kegiatan tersebut di antaranya pembahasan materi tentang isu-isu kebahasaan dan kesastraan, presentasi krida, dan tes UKBI (Uji Kemampuan Bahasa Indonesia). “Sampai pada acara puncak, barulah diumumkan lima pasang finalis yang jadi pemenang Duta Bahasa Riau 2021,” kata Ade.

Gia berharap bisa tetap menjalin kekompakan dengan seluruh Duta Bahasa Riau 2021 untuk melaksanakan program-program selanjutnya, dan bisa memotivasi anak muda untuk mau ikut dalam Duta Bahasa Riau selanjutnya atau menjadi penggiat dari Bahasa yang ada di Riau. “Berharap secara internal seluruh finalis Duta Bahasa Riau tetap bisa selalu bersama untuk melaksanakan program-proagram selanjutnya, harapan eksternalnya banyak anak muda yang termotivasi ingin jadi Duta Bhasa Riau atau menajdi penggiat dari Bahasa yang ada di Riau ini,” katanya.

Reporter : Iswatun Hasanah**
Editor: Hendrik Khoirul Muhid
Foto : Dok Fazel Al Dzikri, Ade Febriansyah, Gia Pratiwi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.