Rutin Adakan Kegiatan Fun Bike, Civitas Akademik UIN Suska Harap Dapat Jalin Keakraban Yang Lebih Baik.

Penulis : Annisa Firdausi

Gagasanonline.com – Civitas akademik UIN Suska Riau tengah menerapkan kegiatan fun bike atau yang lebih dikenal dengan bersepeda santai guna menjalin kedekatan yang lebih akrab antara Rektor dan seluruh staf dosen se-lingkungan UIN Suska Riau sejak Juli 2021.

Kegitan yang dilaksanakan setiap Jumat pagi tersebut berlokasi di lingkungan UIN Suska Riau dengan melibatkan seluruh civitas akdemik, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Kepala jurusan, Sekretaris Jurusan, Kepala laboratorium serta seluruh Dosen di berbagai jurusan.

Penggagas sekaligus ketua dari Fun Bike UIN Suska, Muslim mengatakan bahwa dalam kegitan tersebut selain dapat meningkatkan imun dan iman, fun bike tersebut dapat juga mengatasi adanya gap (jarak) antara pimpinan dan bawahan.

“Saat sarapan bersama terbentuk interaksi antara atasan dan bawahan. Di sinilah dosen-dosen bisa menyampaikan aspirasinya dan apa persoalan yang dihadapi, sehingga pak Rektor tau betul apa permasalahan di bawah. Selain itu beliau juga memantau langsung keadaan fisik kampus,” jelas Muslim saat diwawancara langsung pada, Minggu (03/10/2021)

Selain itu, Muslim juga menjelaskan bahwa kegitan fun bike tersebut dilakukan 4 sampai 5 kali putaran dan setiap fakultas akan bergiliran untuk menjadi tuan rumahnya.

“Setelah semua fakultas sudah menjadi tuan rumah kemarin disambung dengan perpustakaan. Lalu tiap tuan rumah bertugas menyiapkan sarapan dibantu BSI,” tuturnya.

Baca Juga : Gelar Pekan Taaruf, Dema Ushuluddin Harap Mahasiswa Baru Kenal Budaya Kampus

Sejalan dengan itu, Suardi salah satu dosen yang mengikuti kegiatan tersebut juga mengungkapkan bahwa selain bermanfaat dari sisi kesehatan, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan keakraban di antara keluarga besar UIN Suska Riau.

“Karena fun bike ini dirancang seakrab mungkin demi menciptakan suasana keakraban serta kekeluargaan baik antara pejabat maupun karyawan dan dosen akademik. Intinya ini kegiatan yg sangat bermanfaat,” jelas Suardi, saat diwawancara pada Senin, (4/10/2021).

Selain kegiatan bersepeda, Suardi juga berharap kedepannya akan ada kegiatan lainnya seperti kegiatan sosial baik yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan atau penyerahan santunan dan bantuan kepada masyarakat sekitar kampus yang membutuhkan semisal panti asuhan. Sehingga kegitan tersebut semakin diminati oleh setiap individu guna terjalinnya komunikasi serta keakraban antara civitas akademika.

Muslim, selaku penggagas Fun Bike UIN Suska juga berharap kegiatan tersebut dapat mempererat silaturahmi antar akademisi UIN Suska Riau. “Makanya saya selalu bilang yang jauh mari mendekat, yang mendekat mari merapat, yang rapat mari lebih akrab. Dengan itu misi yg dibawa pak rektor membawa UIN gemilang dan terbilang akan tercapai,” tutup Muslim.

Reporter : Annisa Firdausi, Rindi Ariska
Editor : SabarAliansyah Panjaitan
Foto : Dok. uin-suska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.