Tanggapan Mahasiswa PBAK Daring UIN Suska 2021

Tanggapan Mahasiswa PBAK Daring UIN Suska 2021

Penulis: Septi Khairani Fitri

 

Gagasanonline.com- Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Suska Riau 2021 dilaksanakan pada  6- 7 September 2021. PBAK dilaksanakan secara online dan offline, yang dilakukan di Auditorium lantai lima Gedung Rektorat dan melalui platform Zoom Meeting dan Youtube Live Streaming yang diikuti oleh 4.715 mahasiswa baru.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan PBAK ini yaitu “Unggul Dan Berprestasi di Tengah Badai Pandemi.”

“Menghimbau mahasiswa agar bermanfaat untuk bangsa dan agama untuk menjadi agen perubahan,agen moderasi beragama agar keindonesiaan, kebangsaan dan kerakyatan kita tidak lagi melangit tapi terus membumi,” ujar Khairunnas selaku Rektor UIN Suska Riau dalam pidatonya pada Senin, (06/09/2020).

Dalam pidatonya Khairunnas mengatakan meskipun terdapat keterbatasan pelaksanaan PBAK di masa pandemi, di mana terdapat banyak kekurangan. Namun, tidak menjadi halangan untuk tetap berbuat lebih baik dalam mempersiapkan cita cita menggapai bangsa dan negara Indonesia yang merdeka.

Salah satu mahasiswa baru, Ayu Puspita Sari mengaku meskipun pelaksanaan PBAK dilakukan secara daring, namun hal ini cukup membantu bagi mahasiswa baru tahun 2021/2022 untuk mengenali  universitas,fakultas dan prodi meskipun dalam kondisi terdampak Covid-19.

“Dengan dilakukan secara daring ini, meskipun dapat terlaksana tentu banyak kendala yang dihadapi  mahasiswa baru contoh nya jaringan, akses masuk ke zoom.itu membuat kesulitan tersendiri,” ungkap Ayu.

Tanggapan mahasiswa baru lainnya, Selamat Riadi, menurutnya PBAK yang diadakan secara daring ini, kurang menarik. Hal ini dikarenakan para mahasiswa hanya mendengar dan melihat melalui layar handphone ataupun computer mereka.

Ia berharapa sebagai mahasiswa baru, hendaknya PBAK diadakan secara offline. Sehingga mahasiswa baru dapat merasakan pengenalan kehidupan kampus yang sebenarnya.

 

 

Reporter: Septi Khairani Fitri
Foto        : Dok. Pribadi Septi Khairani Fitri
Editor     : Wilda Hasanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.