Serikat Perusahaan Pers Cabang Riau Kunjungi LPM Gagasan

Serikat Perusahaan Pers Cabang Riau Kunjungi LPM Gagasan

Penulis: Syarul Barakah

Gagasanonline.com – Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Riau Khairul Amri mengunjungi Sekretariat Lembaga Pers Mahasiswa Gagasan UIN Suska Riau di Sayap Kanan Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) pada hari Kamis (12/8/2021). Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda SPS melakukan kunjungan media ke pers mahasiswa (Persma) yang ada di kampus-kampus di Pekanbaru. Khairul ditemani oleh, Bendahara SPS H. Maskur, dan Sekretaris Eksekutif SPS Ulvia Rahmadani.

Kunjungan SPS tersebut disambut langsung Sekretaris Umum LPM Gagasan Wilda Hasanah, Redaktur Tulisan Hendrik Khoirul, dan demisioner Pimpinan Perusahaan LPM Gagasan Tika Ayu di ruang redaksi Gagasan. Pertemuan tersebut berlangsung selama dua jam dan diisi obrolan santai sembari bertukar informasi. Dalam kesempatan tersebut, Wilda menceritakan beberapa kendala yang dialami LPM Gagasan selama pandemi Covid-19, di antaranya sulit menerbitkan Majalah Gagasan karena susah melakukan liputan. Kendati penerbitan Majalah Gagasan sempat terhenti, Wilda mengatakan LPM Gagasan tetap berjalan dengan mengandalkan website dan media sosial.

”Terakhir terbit pada Maret 2019 lalu. Efektif pada 2020 kami tidak terbit. Tapi berita-berita kami terbitkan di online. Semoga saja di akhir 2021 ini, Majalah Gagasan akan terbit kembali,” kata Wilda.

Baca: Vaksinasi Masal di UIN Suska, Darul Khutni: 770 Orang yang Mendaftar

Dalam kunjungan tersebut, Khairul dan H Maskur, setelah mendengar problem yang disampaikan Wilda dan rekan-rekannya, kemudian memberikan motivasi dan semangat kepada awak media Gagasan. Menurut Khairul, pandemi Covid-19 memang menyebabkan banyak masalah, termasuk awak media. “Kalau melihat kondisi saat ini, memang media cetak semua berat. Namun, mesti tetap semangat untuk bisa terbit. Kuncinya kreatif dan tidak mudah menyerah,” kata Khairul.

Melansir dari cakaplah.com, Khairul mengatakan sejauh ini LPM Gagasan merupakan salah satu lembaga pers kampus yang telah banyak melahirkan jurnalis hebat di Riau. Beberapa nama alumni LPM Gagasan sempat atau sedang menjabat pimpinan media, baik di Riau maupun di luar Riau. “Banyak jurnalis hebat di Riau ini lahir dari Gagasan ini,” kata Khairul. “Sebut saja Saidul Tombang yang pernah jadi pimpinan di Riau Pos Group. Ada juga HM Nazir Fahmi yang sekarang jadi pimpinan di media terbesar di Sumatera Barat, yakni Padang Ekspres,” tambahnya.

Baca: UIN Suska Riau Tempati Posisi Ke–8 Pada Ajang PKM II PTKIN se-Sumatera

Selain kedua nama tersebut, Khairul mengatakan, LPM Gagasan juga menelurkan sejumlah alumni yang kini memiliki kedudukan penting, di antaranya Mawardi M Zakaria yang pernah di Pekanbaru Pos dan kini menjabat sebagai Kabag Humas Pemko Pekanbaru. Ada juga Mahyudi Yusdar yang sempat menjadi wartawan dan sekarang alih profesi menjadi advokat, dan nama-nama lain seperti Hendri Anak Rainin asisten Ustadz Abdul Somad, Ilzam Fauzi, Komisioner Komisi Informasi (KI) Riau dan pimpinan Cakaplah.com Alnofrizal, dan Ketua GP Ansor Riau, Purwaji.

Melihatnya banyaknya alumni LPM Gagasan yang sukses, H Maskur berpesan agar pers kampus ini dapat terus bertahan. “Mengingat banyak alumninya hebat-hebat, semestinya Gagasan bisa terus hadir dan terbit. Semangat dan teruslah kreatif,” ujar H Maskur. Hal serupa juga disampaikan oleh Khairul, “Kuncinya jangan galau dan bingung sendiri. Ayo berkolaborasi. Kondisi Covid sekarang memang berat, tapi kalau dilalui dengan semangat bersama maka akan lebih mudah. SPS siap kolaborasi dengan Gagasan, agar media kampus ini tetap eksis dan aktif lagi terbit,” jelas Khairul.

Reporter: Syarul Barakah

Editor: Hendrik Khoirul

Foto: Dok. SPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.