Khasiat Konsumsi Buah Pare untuk Kesehatan


Penulis: Sefrizel Rahayu

Gagasanonline.com-Pare (Momordica Charantina L.) merupakan tanaman tropis dan subtropis dari famili cucubitaceae. Tanaman ini banyak ditemukan di Asia Selatan,Asia Tenggara, China, Afrika dan Karibea. Di Jawa pare disebut dengan paria, pae, pare pahit dan pepareh. Sedangkan di Sumatera dikenal dengan nama prieu, peria, foria, pepare, kambeh, paria dan prie.

Buah pare mengandung zat quinine,albuminoid, karbohidrat, zat warna, karantin, hydroxytryptamine, Vitamin A,B., C dan keratin. Daunnya mengandung vitamin A, B, C, saponin, flavanoid, steroid, asam fenolat, alkaloid, dan karotenoid. Sedangkan bijinya mengandung asam lemak, asam butirat, asam palmitat, asam linoleat, dan asam stearat.

Beberapa orang mungkin tidak menyukai buah pare karena rasanya yang pahit, namun buah dengan rasa pahit ini faktanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari buah pare untuk kesehatan melansir dari kesehatan.kontan.co.id.

  1. Mengobati diabetes

Pare mengandung Lektin yang memiliki aktivitas seperti insulin. Lektin tersebut mampu menurunkan konsentrasi glukosa darah dengan bekerja pada jaringan periferal yang fungsinya seperti insulin. Pare juga mengandung flavanoid dan alkaloid yang merangsang pankreas memproduksi insulin lebih banyak untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes.

  1. Antikanker

Pare dimanfaatkan sebagai penangkal kanker, karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Baca: Mengenal Buah Mengkudu dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  1. Obat cacing

Pare memiliki efek antihelmintik yang ampuh melawan cacing, serta mampu melancarkan pencernaan dan meredakan kembung.

  1. Sariawan

Selain buahnya, daun pare juga dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan. Daun pare kaya akan Vitamin C dan senyawa aktif yang dapat menyebuhkan sariawan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain untuk obat, pare juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Pare bisa dimanfaatkan untuk membuat kulit lebih sehat dan membantu kulit dalam menyembuhkan jerawat dan berbagai penyakit kulit lainnya, ini dikarenakan kandungan zat antioksidan yang tinggi pada pare, juga memperlancar sirkulasi glukosa ke organ dan sel-sel tubuh lain.

  1. Anti penuaan dini

Manfaat pare untuk kecantikan ini muncul karena adanya sifat antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan Vitamin C pada pare juga dapat membantu tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen , sehingga dapat menyamarkan kerutan pada wajah.

 

Editor: Lia Resti Andani

Foto: hellosehat.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.