Diselenggarakan Oktober, Begini Skenario Pelaksanaan PON Papua Bila Pandemi Tak Kunjung Usai

Penulis: Ayu Safitri**

Gagasanonline.com- Pekan Olahraga Nasional ke 20 (PON XX) 2021 akan diselenggarakan di Kota Jayapura, Papua. Lokasi ini didapat setelah Papua berhasil meraih 66 suara dari Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (RAT KONI) yang digelar pada bulan Maret 2014 silam.

Menurut Djoko Pekik, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi dan Olahraga, Papua terpilih menjadi tuan rumah PON XX berdasarkan berbagai pertimbangan. Rencananya, PON XX akan berlangsung mulai 2 sampai 15 Oktober 2021, yang akan diikuti oleh 6.442 atlet.

“Yang terpenting adanya pemerataan olahraga di seluruh Indonesia,” ujar Djoko seperti dikutip Gagasan dari laman resmi tempo.co pada Senin, 16 Agustus 2021.

Namun agenda PON yang digelar empat tahun sekali ini berpotensi dilaksanakan tanpa adanya penonton apabila kasus Covid-19 nasional belum terkendali menjelang hari diselenggarakannya PON XX Papua. 

“Ini masih memerlukan pertimbangan lain, bisa dengan 50 persen penonton atau bahkan 20 persen penonton,” ucap Ketua Umun KONI Pusat, Marcino Norman dalam konferensi pers virtual, Kamis 12 Agustus 2021.

Mengutip laman resmi indonesia.go.id, sekiranya ada empat titik lokasi, kota atau kabupaten yang dijadikan klaster pertandingan. Rianciannya: 15 cabang olahraga dengan 21 disiplin cabang olahraga di klaster Kota Jayapura, 14 cabang dengan 22 disiplin di klaster Kabupaten Jayapura, 9 cabang dengan 12 disiplin di klaster Kabupaten Mimika, dan 6 cabang dengan 6 disiplin cabang olahraga di klaster Kabupaten Merauke.

Editor: Khumar Mahendra
Foto: Antara News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.