Tanggapi Delapan Permasalahan Kampus, Dema Fakultas Se-Lingkungan UIN Suska Minta Rektorat Buka Audiensi

Tanggapi Delapan Permasalahan Kampus, Dema Fakultas Se-Lingkungan UIN Suska Minta Rektorat Buka Audiensi

Penulis: Delfi Ana Harahap

Gagasanonline.com- Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas se-lingkungan UIN Suska Riau minta Rektor mengadakan audiensi atas permasalahan-permasalahan kampus. Melalui surat tuntutannya, Dema Fakultas menggugat kejelasan delapan point permasalahan di UIN Suska.

Delapan point permasalahan tersebut meliputi: pembekuan Senat Mahasiswa (Sema) Universitas periode 2020-2021, meminta kejelasan Dema Universitas, revisi uang kuliah tunggal, kejelasan sekretariat dan anggaran organisasi mahasiswa (Ormawa) se-lingkungan UIN Suska, kejelasan alokasi dana wisudawan dan wisudawati yang melaksanakan wisuda online, kejelasan PBAK mahasiswa baru, kejelasan mekanisme perkuliahan UIN Suska, dan kejelasan jaket KKN.

Ketua Dema Fakultas Syariah dan Hukum, Rian Febriansyah mengatakan, tuntutan pembekuan Senat Universitas dikarenakan Dema Fakultas menganggap Ketua Sema tidak koperatif menjalankan tugasnya. Selain itu, Dema Fakultas menemukan adanya pelanggaran yang dilakukan Sema Universitas, dan tidak terlihatnya kinerja Sema Universitas selama delapan bulan masa jabatan.

Baca juga: LPRPM Lakukan Penggalangan Dana Bantu Ketahanan Pangan Idul Adha di Palestina

“Saat ini sudah delapan bulan, tidak ada progress untuk pemilihan Dema Universitas yang sah menurut pedoman Ormawa,” ujarnya melalui pesan suara, Selasa (13/07/2021).

Rian menuturkan, sebelumnya surat permohonan audiensi kepada rektorat sudah dilayangkan perlembaga, namun tidak juga ada respon. Maka itu, Dema Fakultas se-lingkungan UIN Suska mengadakan diskusi dan mengajukan delapan point permasalahan yang perlu segera dibahas dengan pimpinan.

“Dalam hal ini kami sudah melakukan sesuai prosedur resmi, namun jika tetap tidak dilayani kita akan aksi turun ke jalan. Kami Dema Fakultas se-lingkungan UIN Suska akan merangkul teman-teman yang memiliki satu tujuan dan keresahan yang sama, karena ini masalah kita bersama,” ujarnya.

Baca Juga: Lantik Kepengurusan 2021/2022, LPRPM UIN Suska Targetkan Mahasiswa Berkarya untuk Masyarakat

Harapan Rian saat ini, agar mahasiswa, pimpinan dan seluruh civitas akademika dapat bersinergi dan berbenah bersama untuk kemajuan UIN Suska.

“Mari kita berbenah bersama, mari kita rembukkan bersama, karena meskipun ada wajah pimpinan yang baru, tidak dipungkiri bahwa permasalahan kita yang lalu belum terselesaikan. Untuk itu, mari kita benah bersama untuk UIN Suska Riau yang lebih baik lagi,” tutupnya.

Saat ini pelayangan surat audiensi masih diinisiasi dan ditanda tangani oleh Rian Febriansyah Ketua Dema Fakultas Syariah dan Hukum, M. Allif Effendy Ketua Dema Fakultas Dakwah dan Komunikasi, M. Faiz Atallah Ketua Dema Fakultas Psikologi, dan M. Nur Wahid. S Ketua Dema Ushuludin.

Reporter: Delfi Ana Harahap
Foto: Dema Fakultas Selingkungan UIN Suska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.