Mahasiswa UIN Suska Keluhkan Lamanya Pelaksanaan Pembinaan Beasiswa Pemprov Riau

Mahasiswa UIN Suska Keluhkan Lamanya Pelaksanaan Pembinaan Beasiswa Pemprov Riau

Penulis: Sabar Aliansyah Panjaitan

Gagasanonline.com- Mahasiswa keluhkan lamanya UIN Suska menjadwalkan pelaksanaan pembinaan beasiswa Pemprov Riau periode anggaran 2021/2022. Doni Syahputra Mahasiswa Pendidikan Geografi mengatakan, semestinya pembinaan sudah terlaksana pada awal tahun, namun hingga kini ia belum menerima kejelasan penjadwalan.

“Kami kecewa, sampai sekarang belum ada kejelasan apapun kapan jadwal kegiatan pembinaan beasiswa tersebut akan dilaksanakan, baik itu dari pihak rektorat maupun dari panitia pelaksana kegiatan itu sendiri,” ujarnya Rabu (02/06/2021).

Sebut Doni, pertahunnya penerima beasiswa Pemprov Riau akan mendapat dana Rp 6.500.000, yang kemudian dipotong Rp. 1.700.000 untuk dikelola universitas sebagai uang pembinaan.  Sehingga uang yang diterima Doni di tahun pertama beasiswanya sebesar Rp 4.800.000.

“Untuk dana beasiswa tahun pertama mungkin selesai ajalah, karena di situ ada kegiatan. Sementara di tahun ke dua, dana yang diterima masih sama, namun tak kunjung ada kegiatan sampai sekarang,” ucapnya.

Baca juga: Dampak Covid-19 Terhadap Kos-kosan di Sekitar UIN Suska

Rati* Mahasiswa Pendidikan Geografi juga masih menunggu kapan UIN Suska melaksanakan pembinaan beasiswa, padahal sebut Rati pemotongan dana pembinaan sudah dilakukan. Ia juga berharap agar nantinya ada transparan aliran dana kegiatan.

“Misalnya untuk sewa D’Kotoz Villa habisanya segini, untuk sewa ini segini, dan lain sebagainya,” tuturnya.

Hal serupa juga disampaikan Nur Anggraini Safitri Mahasiswa Pendidikan Geografi, ia mengatakan cukup kecewa dengan jadwal pembinaan yang selalu diundur. Padahal kata Nur awalnya kegiatan dijanjikan terlaksana pada Februari 2021, namun hingga saat ini kegiatan tersebut belum juga terealisasi.

“Awalnya dijanjikan akan dilaksanakan pada bulan Februari namun tidak ada kejelasan sampai sekarang kapan waktu tepatnya,” kata Nur.

Baca juga: Program KKN Kebangsaan, Bersama dan Serumpun Melayu UIN Suska Akan Diadakan Secara Offline

Menanggapi permasalahan tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan, Samardi menuturkan bahwa kegiatan pembinaan beasiswa Pemprov sebelumnya sudah dirancang, namun pelaksanaannya terkendala pandemi Covid-19. Selain pandemi, ia menyebut pihaknya masih berfokus pada Pekan Olahraga Nasional yang diikuti Mahasiswa UIN Suska di UIN Imam Bonjol Padang.

“Namun setelah selesai dari sini, baru kita bicarakan dengan Bapak Rektor baru lagi terkait jenis kegiatan apa yang bakal dilaksanakan. Takutnya gini, program yang kita tawarkan nanti tidak sesuai dengan cara pembinaan dari Pak Rektor,” ungkapnya melalui panggilan WhatsApp, Sabtu (05/06/2021).

Ujar Samardi, konsep kegiatan yang sudah dirancang dimulai dari kegiatan pengarahan, seperti bagaimana mahasiswa bisa cepat menyelesaikan kuliah, dan bagaimana perbedaan mahasiswa penerima beasiswa dibandingkan dengan yang tidak menerima. Selanjutnya kegiatan motivasi yang mengarah pada pembinaan agar mahasiswa memiliki keahlian khusus, kemudian pembinaan soft skill.

“Untuk pembinaan insyaallah akan tetap kita laksanakan, dan tidak boleh lewat lagi dari tahun ini. Untuk itu adik-adik mahasiswa tidak usah khawatir, pokoknya uang (potongan pembinaan) tersebut tidak akan hilang, dan full untuk pembinaan,” tegasnya.

Baca juga: UIN Suska Riau Resmi Lantik 14 Pemegang Jabatan Fungsional 2021-2025

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kemahasiswaan, Hana Maharita mengatakan di dalam surat Perjanjian Kerjasama antara UIN Suska dengan Pemprov Riau sudah diterakan bahwa dana bantuan buku dan UKT langsung diterima oleh mahasiswa.

“Kami hanya menerima khusus uang pembinaan saja, tidak lebih. Untuk uang buku, langsung ditransfer ke mahasiswanya. Semua itu sudah tertera di dalam surat perjanjian kerjasama,” tandasnya saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (30/06/2021).

Alasan kemanaan privasi, Gagasan menyamarkan salah satu nama narasumber menjadi *Rati.

Reporter: Sabar Aliansyah Panjaitan
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: piaudftk.uin-suska.ac.id/ Kegiatan mahasiswa penerima beasiswa Pemprov pada 2020/2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.