Nobar Film KPK The Endgame, Sekaligus Diskusi Bersama Mantan Pegawai KPK

Penulis: Rachmawati

Gagasanonline.com– Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMATE) mengadakan acara nonton bersama film Dokumenter KPK The Endgame yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Fakultas Tarbiyah pada Sabtu, 26 Juni 2021.

Film Dokumenter berjudul KPK The Endgame produksi Watchdoc Documentary ini bercerita tentang kesaksian dugaan penyingkiran sejumlah penyidik KPK yang menangani kasus korupsi kelas kakap melalui prosedural yang disebut dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) oleh Ketua Firli Bahuri.

Ketua Panitia Pelaksana,  Dimas Ade Putra mengatakan, alasan diadakan acara ini bukan hanya sekedar untuk menonton film tersebut, tetapi juga untuk mengajak mahasiswa berdiskusi secara virtual dengan anggota KPK non-aktif yaitu Tri Artining Putrid dan Rieswin Rachwell.

Selain itu diskusi juga dilakukan bersama Sutrada film dokumenter KPK yaitu Dandhy Laksono, peneliti dari Indonesia Corruption Watch (ICW) yaitu Kurnia Ramadhana,serta alumni Teknik Elektro yaitu Bangun Sugito. 

“Film documenter KPK ini sangat bagus, karena dijelaskan bagimana kondisi KPK yang sebenarnya”, ujarnya.

Dimas menuturkan, tujuan diadakan acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan cara berpikir yang kritis sebagai mahasiswa mengenai kondisi Indonesia terkhusus keadaan lembaga KPK pada saat ini.

Salah satu penonton Fikri Abdillah, mengatakan ia sangat mengapresiasi acara yang diadakan HIMATE tersebut karena memiliki kesempatan untuk berdiskusi secara virtual dengan anggota KPK non-aktif sehingga dapat membuka wawasan lebih luas lagi mengenai keadaan di Lembaga KPK.

“Dengan adanya nobar dan diskusi tadi malam membuat saya lebih tau lagi tentang permasalahan dan kesulitan yang dialami anggota KPK dalam melaksanakan tugasnya”, ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh salah seorang penonton Cut panggilannya, ia juga sangat mengapresiasi kepada HIMATE yang telah melaksanakan acara ini. Menurutnya film ini bagus untuk ditonton karena dengan menonton film ini menambah pengetahun tentang kondisi yang terjadi di Lembaga KPK, mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) hingga kasus yang pernah ditangani oleh KPK.

“Seharusnya ini menjadi tamparan keras bagi Pemerintah dalam mengkritisi masalah ini”, katanya.

Dikutip dari akun Twitter pribadi Dhandy Laksono selaku pembuat film dokumenter KPK The Endgame, mengatakan jika mahasiswa sudah mengadakan nonton bersama dan diskusi online di kampus menandakan akan adanya pancaroba.

“Kalau mahasiswa sudah bergadang sampai dini hari di kampus, berarti menjelang pancaroba”, katanya.

 

 

Reporter: Rachmawati 
Editor : Wilda Hasanah
Foto:  Doc.  Rachmawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.