10 Website Jurnal Internasional untuk Referensi Karya Ilmiah

10 Website Jurnal Internasional untuk Referensi Karya Ilmiah

Penulis: Syahrul Rosidin

Gagasanonline.com – Dalam mengerjakan tugas akhir, mahasiswa sering kali mencari jurnal internasional sebagai bahan referensi. Jurnal internasional merupakan sebuah karya imiah yang dipublikasi secara periodik dalam bentuk artikel yang diterbitkan secara teratur. Biasanya jurnal internasional diterbitkan pada waktu-waktu tertentu, seperti setiap 4 bulan atau 1 tahun sekali.

Ada berbagai jenis jurnal yang dapat kita temui, seperti Professional or Trade Journals, Popular Journals, dan Scholarly Journals. Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir biasanya sangat banyak membutuhkan referensi sebagai sumber asli dari sebuah teori atau pendapat. Jurnal internasional bisa dijadikan alternatif sebagai sumber referensi. Inilah beberapa rekomendasi website jurnal internasional terbaik:

Baca: Mengenali Ciri-ciri Kecanduan Gadget Pada Anak

1. Perpustakaan Nasional (Perpusnas)
Perpustakaan Nasional (Perpusnas) memiliki banyak koleksi buku dan jurnal online nasional maupun internasional. Perpusnas ini sangat cocok sekali untuk jadi sumber referensi bagi mahasiswa. Perkembangaan teknologi mempermudah kita dalam berbagai kegiatan, termasuk mencari jurnal tanpa harus datang ke Perpusnas. Perpusnas memiliki digital library yang berisi bermacam-macam jurnal ilmiah berbayar dan telah disewa oleh pemerintah, sehingga kita bisa nikmati secara gratis.
Situs: http://e-resources.perpusnas.go.id/

2. Jurnal Sains dan Teknologi
Jurnal Sains dan Teknologi merupakan salah satu jurnal khusus buat kamu yang mencari jurnal sains dan teknologi. Jika kamu mahsiswa sains, E-Jurnal sangat cocok sebagai referensi terlebih lagi E-Jurnal menyediakan Open Journal System yang berisi Bioteknologi & Biosains, Teknologi Lingkungan, Teknologi Maritim, Pengkajian Industri, Sains & Teknologi Modifikasi Cuaca, dan sebagainya.
Situs: http://ejurnal.bppt.go.id/

3. Jurnal Sains dan Teknologi Nuklir
Karena sedikit Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memiliki jurusan Teknlogi Nuklir membuat ia tidak popular di Indonesia, meskipun demikian kamu tetap dapat mencari jurnal-jurnal teknologi nuklir di internet.
Situs: http://jurnal.batan.go.id/

Baca: Cara Tradisional Atasi Nyeri Menstruasi

4. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dari namanya tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. LIPI merupakan lembaga yang disediakan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Teruntuk kamu yang tidak mau keluar modal, situs jurnal gratis ini tepat jadi solusi. LIPI menyediakan berbagai jurnal mulai dari jurnal teknik, jurnal kimia, jurnal biologi, dan banyak lagi.
Situs: http://www.jurnal.lipi.go.id/

5. Google Schoolar
Website jurnal internasional ini sudah tidak perlu diragukan lagi, karena langsung di sediakan oleh google. Seperti yang kita ketahui google merupakan perusahaan teknologi terbesar di dunia. Google Schoolar memiliki banyak sekali koleksi jurnal, mulai dari yang gratis hingga berbayar.
Situs: https://scholar.google.co.id/

6. Directory of Open Access (DOAJ)
Directory of Open Access (DOAJ) merupakan situs jurnal internasional gratis yang bisa kamu andalkan untuk bahan referensi. Jurnal internasional di Directory of Open Access bisa kamu akses dengan mudah, cukup mengetikkan kata kunci saja. Hampir sama jika kamu mencari di situs Google Schoolar.
Situs: https://doaj.org

7. Academia
Situs jurnal internasional ini sangatlah popular di kalangan mahasiswa, inilah Academia menyediakan berbagai macam jurnal yang dapat di download gratis bagi siapapun yang membutuhkan.
Situs: https://www.academia.edu/

Baca: Istilah Sarkas dan Satire, Serupa tapi Tak Sama

8. Free Full Pdf
Nah Free Full Pdf ini boleh dicoba jika kamu masih belum menemukan jenis jurnal yang dicari. Free Full Pdf menyediakan banyak sekali jenis referensi ilmiah mulai dari yang menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
Situs: http://freefullpdf.com/#gsc.tab=0

9. International Journal of Education & the Arts (Ijea)
Bagi kamu yang mencari jurnal menggunakan bahasa inggris, ada International Journal of Education & the Arts (Ijea). Ijea merupakan salah satu jurnal terbaik, buat kamu yang masih perlu memperbanyak referesi, ini menjadi solusi terbaik.
Situs: http://www.ijea.org/

10. Jurnal Cambridge
Jurnal Cambridge adalah jurnal berbahasa asing terbaik, sangat cocok bagi mahasiswa maupun akademisi yang mencari referensi. Yang namanya terbaik sudah pasti mudah dicari, nah kamu tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari jurnal internasional terbaik yang menggunakan bahasa inggris, inilah solusi paling tepat.
Situs: https://www.cambridge.org/core

Sumber : keepo.me
Editor: Feri Kurniawan
Foto: Freepik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.