Mengenal Buah Mengkudu dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Penulis: Sefrizel Rahayu

Gagasanonline.com- Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan buah ini, yang berbau busuk dan rasanya kurang menggugah selera. Mengkudu merupakan buah-buahan yang berwarna hijau yang banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sebagian masyarakat meyakini buah ini dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya yang adalah menurunkan kolesterol.

Di samping itu, banyak pula yang meyakini buah mengkudu dapat mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit mematikan, seperti kanker. Mulai dari buah, daun bunga, batang, kulit kayu, hingga akar buah ini bisa digunakan sebagai obat penyakit maupun perawatan kecantikan. Saat ini, olahan buah mengkudu dijual sebagai jus atau dalam bentuk “kulit buah” kering. Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan. Seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang dan antibakteri. 

Baca: Enam Dampak Buruk Tidur Terlalu Lama

Adapun manfaat buah mengkudu bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:

• Mencegah dan memperbaiki kerusakan sel tubuh
Sel-sel dan jaringan tubuh bisa cepat rusak ketika tubuh sering terpapar radikal bebas yang berasal dari berbagai sumber, seperti asap rokok, polusi, racun, dan paparan radiasi atau sinar matahari berlebih. Jika terlalu banyak terpapar radikal bebas, sel-sel tubuh akan cepat rusak dan hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Buah mengkudu diketahui dapat mengurangi kadar radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan zat tersebut.

Namun, untuk memaksimalkan manfaat buah mengkudu ini, juga perlu menjalani gaya hidup sehat, yaitu dengan tidak merokok, mengurangi stres, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

• Menjaga kesehatan jantung
Jus buah mengkudu dapat mendukung kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Kolesterol baik memiliki fungsi yang penting dalam tubuh, sementara kolesterol jahat secara berlebihan dapat menyebabkan risiko penyakit jantung, seperti halnya peradangan kronis.

• Memperkuat daya tahan fisik
Mengkudu bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkudu juga memiliki manfaat positif bagi yang sering menjalani aktivitas olahraga, dengan mengurangi risiko cedera dan kerusakan jaringan.

• Menjaga kadar kolesterol dalam darah
Sebuah riset menunjukkan bahwa ekstrak buah mengkudu atau jus buah mengkudu dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol di pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung. Efek ini diduga berkat kandungan zat antioksidan dan antiradang yang cukup tinggi pada buah mengkudu.

• Mengobati diare
Buah mengkudu juga bermanfaat sebagai obat herbal diare. Buah mengkudu mengandung scopoletin yang mampu menghambat aktivitas escherichia coli.

• Menjaga berat badan tetap ideal
Sebuah penelitian skala kecil di laboratorium menunjukkan bahwa buah mengkudu bermanfaat dalam menjaga berat badan dan mencegah obesitas. Efek ini diduga berkat kemampuan buah mengkudu dalam mengurangi kolesterol dan lemak, serta meningkatkan metabolisme. Namun, hingga saat ini, belum banyak riset yang menunjukkan efektivitas manfaat buah mengkudu tersebut pada manusia.

• Meningkatkan kesehatan otak
Mengonsumsi jus mengkudu dipercaya mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Selain itu, kandungan antioksidan pada mengkudu memailiki khasiat melawan stress oksidatif yang dapat membahayakan neuron.

• Mengatasi demam
Mengkudu bisa menjadi obat herbal untuk mengatasi demam. Mengkudu memiliki kandungan antivirus yang dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk. Mengonsumsi jus mengkudu secara teratur bisa menjaga kesehatan tubuh. Meski memiliki rasa yang pahit dan berbau tajam, pasti Kita tidak akan rugi mengonsumsi buah ini.

Baca: Kiat-Kiat Atasi Rasa Mager

Selain berbagai manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari buah mengkudu, seperti mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko kanker, mengurangi rasa mual, dan sebagainya.

Editor: Feri Kurniawan
Foto: Freepik
Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.