KKN UIN Suska Akan Dilaksanakan Offline pada Juli – Agustus 2021

KKN UIN Suska Akan Dilaksanakan Offline pada Juli – Agustus 2021

Penulis: Winda Julianti Handayani

Gagasanonline.com- Kepala Lembaga Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Suska Zarkasih mengatakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2021 akan dilaksanakan secara offline pada 8 Juli sampai 31 Agustus 2021 yang diikuti sekitar 4500 mahasiswa semester enam.

“Namun untuk jumlah pastinya dapat dilihat setelah pendaftaran resmi ditutup di akhir bulan Maret. Sekarang kita setingan offline, mudah-mudahan di Juli Agustus situasi sudah normal. Namun situasi bisa berubah, namun kita siapkan sebaik-baiknya setingan kita offline,” ucapnya melalui telepon, Selasa (16/02/2021).

Zarkasih menuturkan penempatan lokasi KKN mahasiswa bisa dipilih sendiri melalui website resmi KKN UIN Suska yang akan dibuka April mendatang. Satu kelompok KNN diperkirakan Zarkasih berjumlah 10 sampai 11 mahasiswa.

Baca juga: Sikapi Kekerasan Berbasis Gender Online dengan Selektif Bagikan Informasi Pribadi

“Karenakan kita ini di 70 kecamatan. Satu kecamatan ada enam desa. Nama-nama desanya  nanti tertera di aplikasi itu,” ucapnya.

Sementara itu kata Zarkasih KKN Nusantara belum mendapat kesepakatan resmi mengenai kapan dilaksanakan dan sistem pelaksanaannya. Ia bilang pihak LPPM masih menunggu informasi dari tuan rumah penyelenggara.

“Diharapkan seluruh mahasiswa semester enam segera mendaftarkan diri sebelum pendaftaran KKN ditutup. Jangan sampai akhir bulan ini belum mendaftar, nanti datanya gak tercover,” katanya.

Baca juga: Jurusan PGMI Sudah Terakreditasi A

Kata Zarkasih seragam KKN dan ukurannya akan disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang mendaftar dan mengisi data di website resmi KKN UIN Suska.

Mahasiswa jurusan Matematika semester enam, Asra Rahmi mengatakan bahwa dirinya sudah mendaftar KKN dan berharap KKN dilaksanakan offline, karena menurutnya dengan KKN offline bisa menemukan pengalaman baru dan bertemu orang baru.

“Karena kalo offlinekan bisa milih tempat selain di kampung sendiri,” tuturnya.

Sejalan dengan Asra, mahasiswa Ilmu Komunikasi semester enam, Putri Yulia Maharani berharap KKN tahun ini dapat dilaksanakan offline. Namun jika keputusan pihak kampus melaksanakan melalui online ia tetap akan mengikutinya.

Baca juga: Komentar Jahat sampai Persebaran Hoaks Bukti Ketidaksopanan Nitizen Indonesia

Offline biar program kerjanya bisa lebih terwujud dengan baik dan bermanfaat untuk banyak orang. Karena KKN itu kan kegiatannya kita mengabdi ke masyarakat” tutup Putri.

Catatan redaksi: Tulisan ini sudah disunting pada 18 Maret 2021, pukul 10.31 WIB pada bagian kutipan narasumber di lead ke dua. Kami menambahkan pernyataan narasumber. Selebihnya tulisan tidak diubah. Kami mohon maaf pada para pembaca.

Reporter : Rindi Ariska
Editor: Juan Aditya Pratama Putra
Foto : Ilustrasi pembekalan KKN, diambil dari website LPPM UIN Suska


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.