Kiat-Kiat Atasi Rasa Mager

Penulis: Hendrik Khoirul

Gagasanonline.com- Rasa malas atau sering disebut mager (malas gerak) menjadi musuh terbesar orang yang ingin hidup sukses, boleh setuju dan boleh tidak. Tapi jika ingin sukses harus setuju dengan ungkapan tersebut. Menuruti rasa mager hanya membuang waktu dan dan kesempatan untuk berjuang, merugikan diri sendiri dan bisa membuat orang di sekitar kita merasa tidak nyaman.

Dilansir dari hellosehat.com, rasa malas sering kali dikarenakan seseorang kurang memotivasi diri untuk melakukan suatu hal. Kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu dapat membuat seseorang tidak memiliki tujuan. Nah, kalau kamu merasa mager untuk melakukan sesuatu, cobalah buat pertanyaan untukmu sendiri, kenapa saya mager?

Peneliti dari Universitas Oxford melakukan penelitian tentang motivasi dan rasa malas seseorang menggunakan alat yang dapat menunjukkan penampakan belahan otak manusia atau Magnetic Resonance Imaging (MRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat seseorang memutuskan untuk melakukan suatu kegiatan, area premotor, bagian otak untuk mengendalikan motorik otot besar dan proksima pada otak akan menyala, titik lain di otak yang mengendalikan gerakan tubuh menjadi aktif.

Baca juga: Kenali Beragam Bentuk Kekerasan Seksual

Pada orang yang malas area premotor pada otak tidak menyala sehingga tidak memunculkan sinyal ke otot besar dan proksima di tubuh. Koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu menjadi sebuah tindakan” menjadi tidak efektif pada orang yang malas, sehingga muncul rasa malas bergerak, lelah dan lemas, karena otak harus melakukan upaya lebih keras untuk mengubah keputusan yang diambil menjadi tindakan untuk bergerak.

Nah, berikut rangkuman yang dikutip dari berbagai sumber tentang cara mengatasi dan menghilangkan rasa mager yang bisa kamu praktikan:

  1. Lawan rasa bosan, perasaan bosan sering disamakan dengan rasa mager, keduanya padahal  jelas berbeda. Rasa bosan timbul karena tidak tertarik  untuk melakukan satu kegiatan tertentu, tetapi masih ada minat untuk melakukan kegiatan lainnya. Untuk mengatasi rasa mager, cobalah melakukan hal yang menarik hatimu dan bisa membuatmu senang, sehingga rasa semangat pun berangsur-angsur pulih.
  2. Melakukan aktivitas  fisik, rasa mager muncul disebabkan kamu sulit fokus, kamu bisa menyelipkan aktivitas fisik di sela-sela kegiatan untuk mengembalikan fokusmu, seperti jalan-jalan santai saat istirahat makan siang. Aktivitas fisik atau olahraga dapat membuat pikiran seseorang menjadi lebih fokus. Dengan demikian, kamu akan jauh lebih bersemangat dan rasa mager pun berangsur hilang. Olahraga secara teratur terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dalam jangka panjang.
  3. Meditasi, menghilangkan rasa mager dengan cara meditasi hanya membutuhkan waktu sebentar namun rutin di waktu-waktu tertentu dan tidak harus dilakukan dalam waktu yang lama. Kamu bisa melakukannya saat sebelum memulai hari atau saat jeda bekerja. Meditasi dipercaya bisa membuat seseorang lebih mudah berkonsentrasi. Selain itu, kamu bisa lebih tenang dan bisa mengatur perasaan dengan baik, termasuk menyingkirkan rasa mager.
  4. Selingi dengan hobi, selingi kegiatan kamu dengan hobi yang kamu gemari bisa menjadi salah satu cara mengatasi rasa mager. Melakukan aktivitas yang sama terus-terusan bisa membuat orang merasa bosan dan mager untuk melanjutkannya.
  5. Jangan tunda-tunda, kalau kamu punya banyak tugas dengan dateline yang menanti, jangan ditunda sampai kamu benar-benar merasa terdesak. Lakukan semua tugasmu selagi pikiran untuk mengerjakan tugas masih jernih. Paksa dirimu untuk selalu tepat waktu, kalau kamu sudah membuat agenda untuk mengerjakan tugasmu pada malam hari, maka mulai lakukan di saat malam hari. Jangan menunda untuk memulai 30-45 menit setelah waktu yang kamu tentukan, berlatih menjaga komitmen lewat rencana jadwal yang kamu tentukan akan membuatmu terbiasa menghindari rasa mager.

Baca juga: Perjuangan Body Shop Melawan Tindakan Kekerasan dan Pelecehan Terhadap Perempuan

Itulah beberapa tips tentang mengatasi dan menghilangkan rasa mager, sehingga aktivitasmu tidak terbengkalai. Ingat, tidak ada kata mager dalam diksi orang sukses. Semoga berhasil!

Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Mikoto.raw/Pexels.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.