Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Cara Yang Menyenangkan

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Dengan Cara Yang Menyenangkan

Penulis: Abdul Hafidz

Gagasanonline.com– Selama pandemi seperti saat ini, tentunya kita semua banyak menghabiskan waktu dirumah saja. Pernah tidak, kalian berfikir bahwa selama berkegiatan dirumah terasa membosankan, jenuh dan tidak bermanfaat waktu dihabiskan untuk banyak rebahan. Nah, agar rebahan kalian bermanfaat, kalian bisa menambah skill kalian dalam berbahasa asing, khususnya bahasa inggris. Apa ajasih kegiatan yang bisa dilakukan untuk menambah skill berbahasa inggris kita yang tidak membosankan dan tentunya tetap bisa dilakukan dalam kondisi rebahan?

  1. Menonton Film, Drama atau Video tentang Bahasa Inggris.

Dimasa pandemi seperti ini, menonton film ataupun drama merupakan hal yang paling menyenangkan. Tapi pernahkan kalian berpikir bahwa menonton film atau drama bisa menjadi sebuah jalan untuk menambah skill berbahasa inggris kalian. Caranya dengan memperbanyak menonton film berbahasa inggris atau bagi pencinta Drama Asia, kalian bisa menonton menggunakan subtitle bahasa inggris.

Dengan  menonton film ataupun drama ber subtitle bahasa inggris kita secara tidak sadar menambah kosa kata, frasa yang belum diketahui dan juga slang (bahasa gaul). Menonton film berbahasa inggris akan membiasakan kita mendengar penuturan asli bahasa Inggris (English native speakers). Lambat laun, hal ini akan membantu kita meningkatkan listening skill dan membuat kita mengerti apa yang sedang mereka bicarakan. Manfaat lain menonton film, drama atau video berbahasa inggris adalah mengetahui intonasi (aksen) dan pelafalan yang sesuai ketika suatu frasa dikatakan.

  1. Membaca Novel atau Komik

Bagi yang hobi membaca, membaca novel atau komik berbahasa inggris bisa menjadi salah satu cara alternative meningkatkan skill berbahasa inggris kalian. Dengan membaca novel atau komik, kalian akan mempelajari tentang grammar (tata bahasa). Hal itu karena kata-kata yang disusun dalam buku ditulis secara terstruktur. Kalian juga nggak akan merasa bosan. Karena yang kamu baca adalah sesuatu yang kamu suka. Misalnya, kamu suka cerita Harry Potter, jadi kamu bisa belajar grammar dari novel-novelnya sambil merasa terhibur.

  1. Bermain Game

Siapa yang nggak pernah bermain game dan tidak suka bermain game? Pasti semuanya pernah dan suka. Ternyata game tidak selalu membawa pengaruh buruk. Tanpa kita sadari, bermain game akan membuat otak kita lebih cepat untuk menghafal dan menambah kosakata bahasa Inggris kalian, loh. Apalagi jika game tersebut seru dan menyenangkan.

Salah satu game yang bisa kamu mainkan adalah The Sims Mobile. Dalam game ini, karakter yang kalian mainkan akan bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar. Dari pengalamanan melihat percakapan karakter yang kita mainkan melalui teks, secara tidak sadar kita belajar dan menyerap kosakata baru dalam Bahasa Inggris tentunya.

  1. Mendengarkan Lagu

Pasti semuanya suka mendengarkan lagu. Mendengarkan lagu tidak hanya sekedar untuk memperbaiki mood. Kalian bisa mencoba menigkatkan skill kalian dengan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris. Selama mendengarkan lagu berbahasa Inggris, kamu bisa memahami makna lagu tersebut dengan mengetahui arti dari liriknya.  Selain itu, kamu juga bisa belajar melafalkan kata yang ada pada lirik lagu dan mencari tau arti dari kata yang kamu nyanyikan. Nah, dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, kamu bisa melatih listening skill dan vocabulary dalam bahasa Inggris.  

Dari menonton film, drama atau video, bermain game, mendengarkan lagu, dan membaca buku kita bisa belajar bahasa inggris. Dengan cara-cara seperti ini, kalian bakal merasakan kenikmatan belajar bahasa asing terutama bahasa inggris, karena kalian bisa melakukannya sambil rebahan. Yang pasti, tak semua yang menurut orang lain buruk juga buruk bagi kita, belajarlah dengan cara yang kamu sukai agar kamu bisa menikmati setiap prosesnya.

Editor: Wilda Hasanah
Foto:Pexel.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.