Cerita Anjay, Mahasiswa UIN Suska yang Namanya Viral

Penulis : Delfi Ana Harahap

Gagasanonline– Salah seorang Mahasiswa UIN Suska Riau jadi sorotan warganet karena miliki nama Anjay. Sebelumnya diketahui jika kata anjay ramai dibicarakan di media sosial lantaran beredar surat dari Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) yang mewacanakan larangan penyebutan kata anjay yang diperkarakan oleh selebgram bernama Lutfi Agizal.

Anjay Saiful Islami mahasiswa semester tiga Pendidikan Bahasa Arab ini mengaku mengetahui kata anjay sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Yang saya tahu anjay ini kata plesetan awalnya. Saya sih wajar-wajar saja namanya juga istilah gaul yang unik dan aneh pasti cepat berkembangnya lewat media sosial,” tuturnya via telepon pada Selasa (08/09/2020).

Baca juga : PBAK Daring UIN Suska Riau Gunakan Tiga Platform Digital

Melalui postingan Instagram yang diberi judul “Teruntuk Kamu yang Punya Nama Anjay” Anjay memaparkan beberapa bukti kata anjay dalam Bahasa Arab berarti selamat/menyelamatkan , dan di Al-quran terdapat 23 kali kata anjay beserta turunannya. Salah satunya terdapat di Surah Al-Baqarah ayat: 50.

“Pas awal posting ini sih ada beberapa orang yang mulai mengkritik saya dengan menepis pernyataan saya soal adanya kata anjay dalam Al-quran. Padahal karena jurusan saya Bahasa Arab, kurang lebihnya saya tahu penggunaan kata ini bagaimana,” ucapnya.

Anjay mengaku tidak mempermasalahkan kata anjay yang diperkarakan oleh Lutfi. Menurutnya mungkin Lutfi bermaksud agar anak-anak lebih menjaga perkataan, karena tak jarang anak-anak masa kini mengucapkan kata-kata yang kotor.

Baca juga : Pelaksanaan PBAK Daring UIN Suska Riau Diundur

 “Tapi ya mempermasalahkan satu kata ini agak berlebihan juga menurut saya, karena mending lebih fokus ke permasalahan lain yang lebih berdampak untuk orang banyak daripada permasalahan kecil ini. Misalnya lebih fokus ke perbaikan sistem pendidikan kita saja,” ujar Anjay.

Anjay menuturkan jika dirinya sedari kecil memang sudah dipanggil dengan nama Anjay, sehingga ketika kata anjay viral ia merasa tidak terganggu sama sekali.

“Kalau bercanda sama teman ya sudah langsung Anjay, Anjay saja, jadi ya sudah biasa aja. Awal kata anjay viral terkejut si, tapi ya lama-lama biasa saja, mungkin nanti cepat lewat gitu aja,” ujarnya.

Baca juga : Translate Abstrak Wajib Disahkan Pihak P2B UIN Suska Riau

Anjay turut mengungkapkan rasa senangnya karena mendapat dukungan dari Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang akun Instagramnya sudah memiliki pengikut sekitar 12 juta orang.

“Awalnya saya difollow lalu postingan saya direpost sama Ridwan Kamil, rasanya senanglah saya bisa mendapat perhatian Ridwan Kamil yang orang pemerintahan,” tandasnya.

Reporter : Delfi Ana Harahap
Editor : Teguh Arif Ramadhan
Foto : Instagram Anjay Saiful Islami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.