Lewat Dana Donasi, Himate Buat Bilik Sterilisasi

Penulis: Satria Bumartaduri

Gagasanonline.com – Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (Himate) UIN Suska Riau melakukan aksi kemanusiaan membuat bilik sterilisasi. Priyo Endro Suseno selaku Humas mengatakan pembuatan bilik sterilisasi sebagai usaha pencegahan Covid-19.

“Dana pembuatan ini beraaal dari donasi terbuka. Alhamudillah beberapa teman-teman, senior, dan dosen cukup banyak yang mau menyisihkan uangnya,” jelasnya melalui pesan suara di WhatsApp, Selasa (15/04/2020).

Terkait surat Kemenkes RI tentang larangan adanya bilik disinfektan, Priyo menjelaskan kami mengganti cairannya menjadi cairan antiseptik.

“Kami mengkaji ulang lagi, didampingi dinas sosial dan teman-teman relawan, dan kami mengganti cairannya menjadi cairan antiseptik. Cairan ini cocok di kulit manusia dan aman digunakan secara terus menerus,” ujarnya.

Priyo juga menjelaskan bilik sterilisasi ini nantinya akan diletakkan di Puskesmas yang belum memiliki bilik sterilisasi dan tidak terjangkau oleh pemerintah dan juga teman-teman relawan lainnya.

“Sebelumnya bilik sterilisasi ini kami letak di rumah sakit umum atau rumah sakit rujukan yang di Pekanbaru. Tapi kami mengkaji ulang lagi ternyata ada teman-teman dari UNRI dan PCR membuat juga, lalu kami berpikir lagi bagaimana kalau diletak di tempat yang tidak terjangkau oleh Gubernur Riau atau teman-teman relawan lain. Rencananya akan diletakkan di puskesmas di Pelalawa, dan ini akan berantai, lanjut ke Perawang, Duri, dan Dumai,” jelas Priyo.

Reporter: Satri Bumartaduri

Editor: Bagus Pribadi

Foto: Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.