Prodi PMI Adakan Kerjasama Pemberdayaan dengan Desa Bukit Kratai

Penulis: Juan Aditya Pratama Putra*

Gagasanonline.com – Program Studi (Prodi) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) melakukan penandatanganan surat perjanjian kerja sama dengan kampung pemberdayaan Desa Bukit Kratai, Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Riau. Diadakannya kerja sama ini agar persoalan di Desa Bukit Kratai dapat teratasi, Senin (16/12/2019).

Ketua Jurusan (Kajur) Prodi PMI Aslati menjelaskan kerjasama ini terbentuk atas dasar salah satu isi tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat, hal ini bertujuan agar Prodi PMI bisa mewujudkan kerjasama pemberdayaan dengan masyarakat Bukit Kratai.

Baca: Kesabaran Salman Al-Farisi Ditikung Abu Darda’

Ditetapkannya Desa Bukit Kratai sebagai kampung pemberdayaan lantaran sebelumnya Prodi PMI sudah pernah mengutus mahasiswa untuk melakukan kegiatan safari Ramadan. Kemudian Prodi PMI juga pernah menempatkan mahasiswanya untuk magang di kantor desa Bukit Kratai. “Dengan pertimbangan tersebut maka Prodi PMI mengadakan pembicaraan awal tentang kerjasama pemberdayaan masyarakat dan hal ini disambut baik oleh Dekan FDK,” ujar Aslati.

Aslati berharap kedepannya PMI mampu meujudkan masyarakat berdaya dalam pembangunan masyarakat berdaya dalam pembangunan segala bidang.

“Semoga desa Bukit Kratai bisa menjadi desa percontohan bagi desa lain sebagai dalam hal pemberdayaan masyarakat,” kata Aslati.

Baca: Himate Adakan Bakti Sosial di Kuok

Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Prodi PMI, Ade Syahputra mengatakan kegiatan ini  bagus karena Prodi PMI adalah jurusan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, berbeda dengan jurusan lain yang laboratoriumnya dikampus, Prodi PMI menjadikan masyarakat sebagai laboratotium untuk  mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan.

“Biar ilmunya bisa dipraktikkan ke masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, menurut Ade kegiatan ini merupakan kebutuhan untuk mahasiswa PMI agar bisa langsung mempraktikkan teori yang didapatkan saat perkuliahan dengan terjun langsung ke masyarakat.

“Kegiatan ini bergerak di bidang agama, ekonomi, sosial dan banyak bidang lainnya dengan harapan menjadikan desa tersebut menjadi desa maju,” tambah Ade.

Senada dengan Ade, Mahasiswa Prodi PMI, Defriandy Nugroho bersyukur PMI dapat mengabdi untuk desa Bukit Kratai dan berharap mahasiswa PMI bisa menjadikan desa tersebut sebagai fasilitas untuk memberikan apa yang telah dipelajari di kampus bisa dipraktikkan untuk mewujudkan Desa Bukit Kratai menjadi desa terbaik.

Reporter: Juan Aditya Pratama Putra*
Editor: Hendrik Khoirul
Foto: Defri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.