Dampak Negatif Tidur Sembari Menggunakan Earphone

Penulis: Juan Aditya Pratama Putra**

Gagasanonline.com – Indah Damayanti, Dosen Psikilogi UIN Suska Riau mengungkap fakta bahaya mengggunakan earphone saat tidur malam hingga pagi hari. Menggunakan earphone memang lebih nyaman ketika mendengarkan musik ataupun mendengarkan audio lainnya, ketimbang mendengarkan tanpa menggunakan earphone. Tak sedikit orang menggunakan earphone saat tidur di malam hari dan terpasang di telinga hingga pagi hari. Tentu ini berdampak pada kesehatan dan dapat menimbulkan hal-hal negatif. Sabtu, (2/11/2019).

Baca: Yudi : Proses Pelaporan SK Ad Hoc ke PTUN Baru Tahap Penyiapan Berkas

Dikutip dari Wikipedia earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. Dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga. Hampir semua pengguna Gadget pasti mengetahui apa itu earphone, digunakan untuk mendengarkan suara, baik musik, video atau audio.

Indah menjelaskan, menggunakan earphone saat tidur bisa mempengaruhi faktor biologis seperti  fungsi struktur otak, fungsi fisiologis seperti pernafasan, pencernaan kemudian hormon, peredaran darah dan mempengaruhi tindak perilaku manusia. Menggunakan earphone saat tidur dan menggunakan handphone pada malam hari saat cahaya mulai redup, dapat mempengaruhi otak bagian prefrontal yang berfungsi untuk berfikir, mengambil keputusan, menyusun rencana dan kegiatan lain yang mengarah ke arah tindakan.

Kebiasaan menggunakan earphone saat tidur inilah yang membuat kerusakan otak pada area prefrontal, akibatnya seseorang menjadi susah berkonsentrasi, terkendala dalam menyusun sebuah rencana dan susah untuk memperkirakan atau memprediksi sesuatu.  Area prefrontal ini mudah rusak karena kurang matangnya saraf-saraf otak pada usia seseorang yang belum matang, “Usia matang otak itu sekitar usia 22 tahun,” ujarnya.

Baca: Dema FTK Terima Aduan Terkait Kehilangan Motor Mahasiswa

Rakhul Rizki Illahi, Mahasiswa Sistem Informasi mengaku sering menggunakan earphone saat tidur, sebelum tidur biasanya ia mendengarkan musik sampai terlelap hingga pagi hari, “Waktu bangun kabel earphone kadang melilit tubuh saya, selain itu pernah juga telinga sakit gara-gara kelamaan pakai earphone waktu tidur.

Edo , Mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak biasa menggunakan earphone saat tidur, menurutnya selain tidak nyaman, juga berbahaya bagi telinga jika menggunakan earphone saat tidur, “Bisa pekak telinga dibuatnya,”  katanya. Senada dengan Edo, Afdal Mahasiswa Teknik Informatika mengaku susah tidur jika mendengarkan lagu menggunakan earphone sebelum tidur. Menggunakan earphone saat tidur membuat telinganya tidak nyaman, “Seperti ada yang mengganjal di telinga,”ujarnya.

Indah berpesan agar tidak membiasakan diri saat menggunakan handphone dan earphone saat tidur dan mengurangi penggunaannya di malam hari, dengan meletakkan handphone jauh dari tempat tidur, dan menjalankan hal positif, seperti berdoa sebelum tidur.

Reporter: Juan Aditya PP**, Feri Kurniawan**
Editor: Hendrik Khoirul Muhid
Foto: Gagasan/Feri

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.