PRECISION 2017 Sebagai Ajang Kreatifitas Mahasiswa Predatech FST UIN Suska Riau, Menumbuh kembangkan Jiwa Enterpreneur dan Mobilisasi Perkembangan Teknologi Data

Puzzle Research Data Technology (Predatech) merupakan sebuah komunitas Riset dilingkungan UIN Suska Riau yang lahir pada Tanggal 27 Agustus 2015 yang diprakarsai oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Bidang Ilmu/ Research yang kaji pada predatech adalah terkait Data Mining, Data Science and Big Data, Artificial Intelligence, Decision Support and Expert System, Business Intelligence serta Intelligence Information System. Predatech mendapat pengakuan dan di SK-kan oleh Dekan FST pada Tahun 2016 dengan memiliki visi Menjadi komunitas riset dibidang teknologi data yang berinovasi dalam mendukung kebijakan pembangunan nasional pada tahun 2033. Predatech memiliki 3 program utama yang bersinggungan langsung dengan Lingkungan Akademisi, Masyarakat serta Stakeholder yang berpedoman kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang dikemas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pengajaran/ Pembelajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Dengan Semangat dan Dukungan Penuh dari Dekan FST serta jajarannya, predatech telah menghasilkan 6 publikasi ilmiah bereputasi dalam jurnal terindex scopus, 35 paper nasional baik jurnal maupun conferences serta beberapa International Conferences dalam kurun waktu 2016-2017. Selain itu, 9 Partner Perusahaan IT yang menjadi support kegiatan penelitian bagi Predatech.

PRECISION atau Predatech Creation and Innovation of Technology merupakan sebuah kegiatan tahunan yang ditaja sebagai wujud kepedulian terhadap perkembangan teknologi masa depan. Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Dekan FST beserta jajarannya. Pelaksanakan kegiatan ini dimulai dari tanggal 12 Oktober hingga hari ini 12 Desember 2017. Agenda besar PRECISION pertama akan menjadi sebuah motivasi kepada Mahasiswa terutama Anggota Predatech untuk menjadi lebih baik dalam membangun sebuah Timwork pada Sebuah Organisasi yang bernuansa Akademis. Ketua Predatech mengatakan bahwa kegiatan ini murni dilakukan atas dasar kesadaran Mahasiswa terkait perkembangan teknologi yang hingga saat ini berkembang dengan pesat. Mustakim ST, M.Kom mengatakan “sebagai ketua Predatech tentunya kami mempunyai tanggung jawab untuk dapat menjadi wadah bagi Mahasiswa terutama di FST untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dibidang teknologi data maupun teknologi digital”.

“PRECISION meruakan kegiatan terbesar dalam waktu 2 tahun terakhir yang kami lakukan, dan insya allah akan menjadi agenda tahunan bagi kami, tentunya kami akan selalu koordinasi dengan Pak Dekan yang selalu memberikan support yang luar biasa kepada Predatech” tambahnya.

Terdapat 6 agenda pada kegiatan PRECISION perdana tahun ini yaitu Workshop Basic Programming tingkat Mahasiswa yang dilaksanakan tanggal 12, 19 dan 26 Oktober 2017, yang diikuti oleh 187 peserta. Workshop Pengembangan Aplikasi Berbasis Framework YII tingkat mahasiswa yang dilaksanakan tanggal 23 November 2017 yang diikuti oleh 39 peserta, pada kegiatan ini diisi langsung oleh Mitra Kerja Predatech yaitu Garuda Cyber Indonesia (GCI). Lomba Cerdas Cermat Teknologi Tingkat Siswa pada tanggal 30 November 2017 yang diikuti oleh 12 tim dari kota pekanbaru maupun luar kota pekanbaru. Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster Ilmiah tingkat siswa yang diikuti oleh siswa-siswi dari Kota Pekanbaru, namun pada kedua lomba tersebut hanya terdapat beberapa nominasi tim yang kita anggap memenuhi kriteria, oleh karena itu panitia memutuskan hanya terdapat 2 juara pada lomba tersebut yaitu juara 1 dan juara 2. Serta Seminar Nasional Teknologi yang dilasanakan hari ini, jumah peserta yang mendaftar memalui tiket terdapat 358 peserta serta peserta non tiket yang kemungkinan kita perkirakan berjumlah 180 peserta. Total Peserta yang mengikuti kegiatan PRECISION 2017 sebanyak 812 Peserta, dengan 80 Undangan dari Pihak Dosen, Komunitas dan Organisasi dilingkungan UIN Suska Riau maupun Perguruan Tinggi Lain di Pekanbaru serta Sponsor dan Media Partner kegiatan ini.

Acara puncak dari PRECISION 2017 adalah Seminar Nasional Teknologi yang mengusung Tema besar Tren Bisnis IT Masa Depan. Pembicara Pertama dari kegiatan ini adalah Daliyusmanto, S.Kom, M.Sc, Ph.D yang merupakan Ketua Association Digital Enterpreneur Indonesia (ADEI) Riau yang juga merupakan Dosen Universitas Riau. Tema yang diusung oleh pembicara pertama adalah mengenai Perkembangan Bisnis Berbasis Teknologi Informasi di Indonesia. Akhmad Zulkifli, S.Kom, M.Kom yang merupakan Head of Digital Innovation Lounge (DILo) Pekanbaru dan juga merupakan Dosen STIMIK Hang Tuah Pekanbaru menjadi Pembicara kedua pada Seminar Nasional ini yang mengusung tema Riau Menuju Era StarUp dan Teknologi Digital. Acara yang dihadiri lebih dari 500 Mahasiswa, Enterpreneur, Akademisi dan Perusahaan ini di Gedung Islamic Center UIN Suska Riau ini juga dihadiri dan juga dibuka oleh Dekan FST UIN Suska Riau Dr. Hartono, M.Pd. Dekan FST memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kegiatan besar yang ditaja oleh Predatech FST tahun ini. Dekan berharap untuk kedepannya supaya dapat dipertahankan event besar ini dan lebih ditingkatkan lagi. Dalam sambutannya Dr. Hartono, M.Pd memberikan semangat motivasi kepada para seminar untuk menjadi seorang enterpreneur dan berjiwa bisnis yang menggunakan fasilitas teknologi informasi sebagai pendukung keberhasilan bisnisnya. Selain itu Dekan juga memaparkan bahwa 10 keberhasilan bisnis di dunia ini disebabkan oleh teknologi.

Dalam rangkaian acara Seminar Nasional Teknologi ini juga dilakukan Memorandum of Understanding antara FST UIN Suska Riau dengan ADEI Riau juga FST UIN Suska Riau dengan DILo Pekanbaru. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan FST Hartono M.Pd yang didampingi oleh Wakil Dekan I FST Dr. Teddy Purnamirza, S.T., M.Eng, Wakil Dekan III FST Dr. Okfalisa, S.T., M.Sc serta Ketua Predatec Mustakim, S.T., M.Kom. Sedangkan dari pihak ADEI diwakili oleh Dahliyusmanto, S.Kom, M.Sc, Ph.D sebagai Ketua serta Ahkmad Zulkifli, S.Kom, M.Kom perwakilan dari DILo Pekanbaru yang juga menjabat sebagi Ketua. Inti dari dari kerja sama ini adalah memupuk dan mempererat antara ADEI, DILo dan FST untuk mengembangkan dan bersama-sama membangun komunitas berbasis teknologi digital untuk kemajuan bersama.

Acara yang disponsori oleh PT. Telkomsel, PT. Paragon, Toko Buku dan Penerbit Zanafa, CV. Gemilang Cyber Nusantara, PT. SAN, PT. Garuda Cyber Indonesia serta perusahaan IT lainnya dalam sesi akhir juga mengumumkan pemenang Lomba PRECISION 2017 yang terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dimenagkan oleh SMA N Plus Provinsi Riau (1) dan SMA Babussalam (2), Lomba Poster Ilmiah dimenagkan oleh SMA N Plus Provinsi Riau (1) dan SMA Kampar Timur (3), dan Lomba Cerdas Cermat Teknologi yang dimenangkan oleh SMA N Plus Provinsi Riau (1), SMK N 3 Pekanbaru (2) dan SMA N Plus Provinsi Riau (3). Dekan Hartono, M.Pd menyerahkan langsung piala bergilir PRECISION kepada SMA N Plus Provinsi Riau sebagai pemenang dengan akumulasi perlombaan terbanyak.

Disesi akhir seminar ini, ketua Predatech Mustakim, S.T., M.Kom menyampaikan kepada media bahwa PRECISION bukanlah satu-satunya kegiatan yang dilaksanakan Predatech ditahun ini, beberapa waktu lalu Predatech juga telah melaksanakan kegiatan Donasi Kaum Duafa yang diberi nama Predatech Cares, Together for Sharing, melakukan sosialisasi teknologi kepada kaum muda intelektual yang kita beri nama Puzzle Research Goes to School serta menjalin kerjasama dengan beberapa Perusahaan IT di Riau. Insya allah Maret 2018 Predatech akan meluncurkan Jurnal Ilmiah Edisi Perdana yang kita berinama Journal of Artificial Intelligence and Data Mining (JAIDM). “Saya mewakili teman-teman dari Predatech mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak terkait, tertama pihak FST UIN Suska Riau, sponsor, media partner serta seluruh komponen yang terlibat dalam menyukseskan acara ini, tim hebat Predatech Mahasiswa FST dan Dosen Pembimbing Inggih Permana, S.T., M.Kom, Rice Novita, S.Kom, M.Kom, Dian Ramadhani, S.T, M.T dan M. Afdal, S.T, M.Kom yang selalu kompak dalam hal kerjasama dan menumbuhkan atmosfeer nuansa akademik yang berlandaskan kepada Al-Quran dan Sunnah”, tambahnya.

 

Ditulis oleh Dosen FST,  Mustakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.