Penyesuain Nama PNDK Menjadi PBAK

Gagasanonline.com – Penanaman Nilai Dasar Keislaman (PNDK) yang dipakai setiap tahunnya untuk mengenalkan hal-hal terkait UIN Suska kepada mahasiswa baru diubah nama menjadi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Perubahan nama ini disesuaikan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4962 Tahun 2016.

Wakil Rektor III Tohirin mengatakan tujuan dari PBAK ini tetap sama dengan PNDK, membina dan mempersiapkan mahasiswa baru agat tidak mengalami masalah berarti selama mengikuti perkuliahan di UIN Suska. “Perubahan nama ini bukan keputasan rektorat, tapi menyesuaikan aturan yang berlaku di pusat,” kata Tohirin saat rapat persiapan PBAK di lantai IV Gedung Rektorat UIN Suska, Selasa (08/08/2017).

Selain penyesuain nama PNDK menjadi PBAK, rapat persiapan PBAK juga membahas aturan-aturan yang akan diedarkan terkait PBAK. Aturan-aturan ini sudah disetujui oleh peserta rapat yang terdiri dari WR III, Kepala Biro, perwakilan WD III tiap fakultas, dan perwakilan UKK/UKM. Adapun aturan-aturan tersebut adalah:

  1. Nama kegiatan pembinaan mahasiswa baru yang sebelumnya Penanaman Nilai Dasar Keislaman (PNDK) diganti menjadi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dengan mengacu pada Peraturan Nomor 4962 Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan pada Perguruan Tinggi Keagaaman Islam.
  2. Mahasiswa baru dan atau mahasiswa lama yang belum mengikuti PBAK diwajibkan mengikuti kegiatan PBAK UIN Suska Riau.
  3. PBAK menjadi persyaratan penyelesain studi serta persyaratan sebagai pengurus lembaga kemahasiswaan.
  4. Penyelenggara kegiatan PBAK tidak dibenarkan memungut biaya dari peserta, kecuali mendapatkan izin dari Rektor.
  5. Kegiatan PBAK dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan dengan memperhatikan jadwal waktu sholat.
  6. Dalam kegiatan PBAK tidak dibenarkan mengumandakan lagu atau yel-yel yang bermuatan SARA.

 

Penulis: Muthi Haura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.