Keindahan Surga di Ujung Riau

Siapa bilang di Riau tidak memiliki pantai? Riau punya pantai yang terletak di ujung Riau, lebih tepatnya di Pulau Rupat Utara Kecamatan Tanjung Medang Kabupaten Bengkalis. Keindahan pantai di Pulau Rupat tidak diragukan lagi. Pantai ini bisa dibilang mirip dengan pantai Sanur di Kuta Bali, walaupun airnya tak sebening air di Kuta Bali.

Salah satu kekurangan pantai di Pulau Rupat ini adalah belum terlalu terekspos, sehingga masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini. Positifnya, karena belum ramai dikunjungi wisatawan, pantai ini masih sangat segar dan memberikan perasaan tenang. Karena ketidakramaiannya, wisatawan bebas berlari kesana kemari, bermain dengan pasir, dan berenang.

Pantai di Rupat Utara ini dihiasi oleh pohon kelapa, pohon bakau, dan beberapa pohon cemara. Untuk sampai ke pantai di Pulau Rupat Utara ini memang memakan waktu cukup lama. Dari Pekanbaru, maka harus ke kota Dumai terlebih dahulu. Setelah sampai di Dumai, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki Kapal Roro yang berada di Purnama Kecamatan Dumai Barat.

Biaya menaiki kapal Roro tiap kendaraan berbeda-beda, untuk sepeda motor dikenakan tarif 15 ribu. Untuk mobil dikenakan tarif 100 ribu. Sedangkan perorangnya dikenakan tarif 5 ribu. Sedangkan kapal Roro sendiri akan beroperasi dihari biasa dari jam 08.00 WIB-16.00 WIB. Sedangkan selama seminggu di hari raya Idul Fitri, kapal beroperasi dari jam 06.00 WIB-23.00 WIB.

Setelah sampai di Pulau Rupat, masih harus menempuh waktu 3-4 jam untuk sampai di pantainya. Jalanan di Pulau Rupat masih berlubang dan berlumpur, tapi saat ini sedang dalam proses perbaikan. Sepanjang perjalanan menuju pantai, mata akan disuguhkan dengan pohon-pohon sawit dan karet milik masyarakat setempat.

Setelah sampai di Kecamatn Tanjung Medang dekat dengan pantai Rupat, para wisatawan disarankan mencari tempat penginapan. Disini hanya ada satu hotel, beberapa homestay, dan selebihnya penginapan biasa. Kisaran harganya pun berbeda-beda, mulai dari 75 ribu sampai 250 ribu permalam. Sedangkan hotelnya 350 ribu permalam.

Sekedar informasi, di Pantai Rupat Utara wisatawan agak kesulitan mencari tempat makan, karena masih belum banyak penduduk yang membuka rumah makan. Salah satu cara mengeksplore pantai ini yang dilakukan oleh Gubernur Riau adalah dengan mengadakan Festival Tahunan yang menampilkan beberapa pergelaran seni khas Rupat Utara.

Darmawati salah satu pengunjung memuji keindahan pantai. “Indah, tapi jalanan menuju kesini yang harus diperhatikan oleh pemerintah,” tutupnya.

 

Penulis: Kinanti Sekar**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.