Kepala PTIPD Sebut E-voting Belum Siap dari Sisi Kultur Mahasiswa

gagasan-online.com– Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) Benny Sukma Negara sebut penerapan e-voting pada pemilihan raya 28 November 2016 masih belum siap dari segi kultur mahasiswa UIN Suska Riau. Karena menurutnya masih banyak mahasiswa ragu dengan sistem e-voting.Benny menjelaskan meskipun banyak mahasiswa sampaikan keraguan atas sistem ini, namun e-voting akan tetap dilaksanakan setelah PTIPD dan KPRM melakukan berbagai diskusi dan memberikan pemahaman kepada mahasiswa.

Benny mengatakan, sistem ini juga memiliki keunggulan lebih dibanding sistem manual. Ia mencontohkan, operasional e-voting bisa di mana saja, sehingga lebih mudah dalam pelaksanaan nantinya. “Asalkan tersambung ke jaringan wifi,” kata Benny saat dijumpai di kantornya, Senin (14/11/2016).

Selanjutnya ia menuturkan, telah banyak institusi menggunakan sistem anyar ini. Dengan demikian seharunya UIN Suska sebagai kampus Islam modern, ikut menerapkan perkembangan teknologi informasi tersebut. “Masa kita sebagai universitas besar masih menggunakan hal-hal manual.”

Tak jauh beda dengan sistem manual, dalam pelaksanaannya, tetap disediakan tempat pemungutan suara (TPS) di tiap fakultas. Untuk keberhasilan e-voting, juga membutuhkan banyak sarana penunjang. Seperti perangkat komputer serta tiap TPS yang dipasang jaringan. “Benar kayak manual,” tuturnya.

Penulis : Kiki Mardianti**

R

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.