Pasca Pandemi, FTK Aktifkan Kembali Program Magang Ke Luar Negeri

Penulis: Annisa Al-Zikri

Gagasanonline.com – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Suska Riau kembali membuka program magang ke Malaysia dan Thailand pasca pandemi Covid-19. Dekan FTK Kadar mengatakan tertundanya program lantaran kedua negara tersebut tidak menerima mahasiswa saat pandemi.

“Sekarang kita buka lagi karena Covid sudah tidak ada dan mereka sudah menerima mahasiswa yang ingin magang,” ungkapnya, Selasa (07/03/2023).

Ia melanjutkan magang akan dilakukan selama dua bulan setelah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Namun karena visa terbatas, pelaksanaanya dilakukan satu bulan terlebih dahulu dan kembali ke Indonesia untuk memperpanjang visa.

“Setelah itu kembali lagi ke negara tempat mereka magang,” ucapnya.

Baca: Diberlakukan Dari Angkatan 2020, TOAFL dan TOEFL Jadi Syarat Kelulusan

Mengenai biaya, Kadar menjelaskan hanya biaya transportasi dan pembuatan visa saja yang ditanggung oleh kampus. Selebihnya, biaya ditanggung oleh mahasiswa yang bersangkutan.

“Kemarin kita coba, karena UIN dananya baru siap untuk lima orang maka lima orang akan kita kirim kesana dengan biaya hidup ditanggung sendiri,” tuturnya

Harapannya semakin banyak mahasiswa yang mengikuti program tersebut, semakin meningkat pula akreditasi fakultas.

“Sehingga bentuknya tidak hanya magang saja, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas dalam bidang penelitian,” tutupnya.

Reporter: Annisa Al Zikri dan Indah Permata Sari
Editor: Windi Astuti
Foto: Indah Permata Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.