Ciptakan Ormawa Yang Sehat, Jadi Tujuan Sema Universitas Terpilih

Penulis : Annisatul Fathonah

Gagasanonline.com-Ferdi Gusman Hidayat mahasiswa jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau terpilih menjadi Ketua Senat Mahasiswa (Sema) UIN Suska Riau periode 2022-2023. Berdasarkan hasil Musyawarah Besar (Mubes) di gedung Teater B Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) pada Selasa, (20/12/2022).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pembentukan Sema Universitas, Jaka Saputra mengatakan Mubes tersebut diikuti oleh perwakilan setiap jurusan Se-lingkungan UIN Suska Riau, dimana 23 diantaranya sebagai anggota penuh. Sedang untuk peninjau berasal dari panitia serta ketua Sema dari tiap Fakultas.

Sedang untuk mekanisme terpilihnya Ferdi, Jaka menjelaskan Mubes diawali dengan musyawarah yang dilakukan oleh peserta penuh, namun karena tidak adanya kesepatan antara kedua pihak, maka dilakukan voting.

“Sempat dilakukan lobi antar ke 2 calon, namun karena tidak mendapatkan kesepakatan jalan terakhir ya voting” ungkap Jaka, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga : JPU Tuntut Mantan Rektor Akhmad Mujahidin 3 Tahun Penjara, Dugaan Korupsi Pengadaan Internet

Sebagai ketua Sema terpilih, Ferdi Gusman Hidayat memiliki visi-misi untuk mewujudkan Sema Universitas sebagai lembaga legislatif yang kuat, akuntabilitas, dan dinamis, serta transparan. Sehingga dapat menjalankan fungsi legislasi dengan sebaik-baiknya guna mencapai UIN Suska Riau yang maju dan berbasis intelektual.

“Sema-U siap menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa kepada pihak yang bersangkutan sesuai kebutuhan,” ucap Ferdi saat diwawanara Via WhatsApp, Rabu (21/12/2022)

Lebih lanjut, Ferdi berkomitmen akan menciptakan sebuah produk hukum perundang-undangan yang nantinya akan menjadi dasar pengambilan keputusan untuk ormawa se-lingkungan UIN Suska Riau agar lebih tertata rapi.

Melalui kepengurusan baru tersebut, ia berharap Sema Universitas pada periodenya dapat menjalankan roda kepengurusan hingga berakhir. Tanpa menghadapi suatu rintangan yang berarti dan bisa memaksimal fungsi dari Sema sendiri yaitu legislasi, controling, bajeting.

“Tujuannya untuk menciptakan ormawa yang sehat,” pungkas Ferdi.

Reporter: Annisatul Fathonah.
Editor: Sabar Aliansyah Panjaitan
Foto: Panitia Mubes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.