Mahasiswa Keluhkan Masjid Bocor, Kabag Perencanaan: Akibat Terkendala Dana

Penulis : Fira Wahyuni Putri**

Gagasanonline.com– Mahasiswa UIN Suska Riau keluhkan bocornya atap Masjid Al-Jami’ah UIN Suska Riau yang kerapkali menganggu kenyamanan mahasiswa saat beribadah yang sampai sekarang belum dilakukan perbaikan diarenakan tidak adanya anggaran.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Sri Wahyuni mengungkapkan genangan air hujan di dalam masjid dari atap bocor membuatnya merasa terganggu dan risih terutama saat melaksanakan ibadah.

“Kalau Masjidnya bocor kadang-kadang kita tidak nampak kita bisa terpeleset,” ungkapnya saat diwawancara pada Kamis (20/10/2022).

Selain itu, Sri juga berharap kedepannya UIN Suska Riau semakin baik lagi, dan atap masjid yang bocor cepat teratasi, juga para pemimpin menjalankan kewajibannya dengan amanah dan bertanggung jawab atas tugas yang diberikan.

“Semoga para pemimpin diatas, mereka naik itu benar benar-benar amanah menjalankan kewajibannya bukan hanya sekedar mengharapkan gaji, tapi karena Allah SWT,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala bagian (Kabag) Perencanaan Safarin menjelaskan kebocoran Masjid Al-Jami’ah tersebut disebabkan oleh kubah masjid yang tinggi sehingga rawan menimbulkan kebocoran, namun akan diperbaiki.

“Insyaallah akan kami lakukan. Rencananya kami akan meminta arahan pimpinan dalam waktu dekat,” katanya saat diwawancarai di ruangannya pada Selasa (1/11/2022).

Terkait kendala, Safarin menjelaskan dalam perbaikan masjid berasal dari segi anggaran, terutama dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang tidak bebas digunakan untuk pembangunan masjid.

“Kendalanya dana, tapi kendala sebenarnya karena aturan penggunaan anggaran untuk masjid ini tidak sama dengan aturan penggunaan anggaran untuk gedung belajar,”jelasnya.

Ia mengatakan cukup banyak bagian-bagian Masjid Al-Jami’ah yang perlu diperbaiki sehingga memerlukan dana yang besar. Sehingga, perlu dikoordinasikan dengan pimpinan untuk mencari solusi. Solusi sementara yang sudah berjalan yaitu sudah ada mengusulkan bantuan dana kepada pemerintah daerah.

“Jika sudah ada dana maka akan langsung direalisasikan sebelum akhir tahun,” tutupnya.

Reporter : Eviati**, Fira Wahyuni Putri**, Chintia Auzuka Lagani**

Editor : Sabar Aliansyah Panjaitan

Foto : Dog Gagasan/Fira Wahyuni Putri**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.