LPM Gagasan UIN Suska Riau Adakan Diklatsar 2022

Penulis : Ristiara Putri Hariati

Gagasanonline.com – Lembga Pers Mahasiswa (LPM) Gagasan UIN Suska Riau adakan kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Jurnalistik, dengan mengangkat tema “Peran Jurnalis dalam Perkembangan Era Society 5.0”. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 30 September – 02 Oktober.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Edi Erwan, selaku Wakil Rektor III UIN Suska Riau di teater Fakultas Sains dan Teknik (FST), yang di ikuti oleh tujuh belas peserta

Septi Khairani Fitri selaku ketua pelaksana, ia mengatakan tujuan acara ini untuk membentuk jurnalis yang berkualitas.

“Seseorang harus terlebih dahulu dilatih dalam kemampuan jurnalistik, terutama kemampuan jurnalistik dasar. Dengan menguasai keterampilan dasar jurnalistik, seseorang yang ingin menjadi jurnalis dapat lebih memahami hana jurnalisme bekerja dengan baik,” kata Septi, Minggu (2/10/2022).

Selama tiga hari acara, ada berbagai macam materi dibawakan oleh permateri yang profesional di bidangnya. Materi pertama terkait kode etik dan sembilan elemen jurnalistik yang di sampaikan oleh Mustafa. Kemudian materi kedua, penulisan berita dan teknik wawancara, disampaikan oleh Riko Mardianto, dan yang terakhir materi ketiga foto dan video, dibawakan oleh Juan Aditya Pratama.

Sedangkan pada hari kedua, para peserta lanjut praktek lapangan untuk merealisasikan teori yang telah dipelajari. Kemudian, belajar pembuatan blog dan web setelah mulai menulis berita. Setelah itu, acara berlanjut temu ramah dengan Forum Pers Mahasiswa Riau (Fopersm4) dan para alumni dari Gagasan UIN Suska Riau.

Pada hari terakhir, peserta mempresentasikan hasil belajar mereka di teori dan lapangan.

Mutia Syafitri, salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan ini mengatakan selama kegiatan Diklatsar, kekeluargaan di LPM Gagasan sangat terasa.

“Selama Diklatsar, kekeluargaannya sangat terasa. Materinya juga bagus dan dijelaskan secara rinci, terus juga acaranya seru,” kata Mutia.

Senada dengan Mutia, Chintia Auzuka Lagani mengatakan kegiatan yang diadakan bermanfaat serta merasakan kekeluargaan yang erat.

“Seru banget pastinya, materi yang diberikan juga berguna banget. Apalagi buat kebersamaannya itu terasa dan lebih bebas,” ungkapnya.

 

Reporter : Ristiara Putri Hariati

Editor : Sefrizel Rahayu

Foto : Dok. Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.