Ketahui Manfaat Makan Jeroan Bagi Kesehatan

Penulis: Kakak Indra Purnama

Gagasanonline.com – Daging organ atau disebut sebagai jeroan merupakan organ hewan yang dapat dikonsumsi, ini termasuk hati, otak, usus dan sebagainya. Ada banyak manfaat kesehatan untuk makan daging organ, tetapi ada juga beberapa kerugiannya.

Menurut Jake Young dari jurnal Gastronomica, organ daging kembali mengalami kebangkitan, kali ini di dunia fine dining. Mengutip WebMD, di beberapa negara, organ hewan tertentu dikonsumsi sebagai hidangan populer, misalnya hati bebek di Prancis, lidah sapi di Amerika Latin, dan hati babi di Jerman. Masakan di Asia juga sering kali mencakup banyak bagian tubuh hewan, termasuk ginjal, perut, dan usus.

Manfaat jeroan

Berikut adalah rincian beberapa jeroan yang paling umum dan manfaatnya :

1. Hati

Mengutip Medical News Today, hati kaya akan vitamin A, asam folat, zat besi, dan seng. Hati jeroan yang paling padat nutrisi merupakan sumber vitamin A yang kuat. Diketahui vitamin A bermanfaat untuk kesehatan mata dan untuk mengurangi penyakit yang sebabkan peradangan, termasuk segala sesuatu mulai dari penyakit Alzheimer hingga radang sendi. Hati juga mengandung asam folat, zat besi, kromium, tembaga, dan seng dan dikenal sangat baik untuk jantung dan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Merujuk laporan WebMD, banyak orang menderita kekurangan zat besi, kondisi ini mempengaruhi sekitar 10 juta orang di Amerika Serikat. Salah satu gejala utama kekurangan zat besi adalah kelelahan dan kekurangan energi. Makan jeroan hati akan meningkatkan jumlah zat besi darah Anda. Orang dengan kekurangan zat besi dapat makan jeroan hati untuk meningkatkan energi mereka.

2. Ginjal

Jeroan ginjal kaya akan nutrisi dan protein karna kandungan asam lemak omega 3 di dalam jeroan ginjal cukup tinggi. Jeroan ginjal juga dikenal mengandung sifat anti-inflamasi yang baik untuk jantung.

3. Otak

Jeroan otak mengandung asam lemak omega 3 dan nutrisi. Itu termasuk phosphatidylcholine dan phosphatidylserine, yang baik untuk sistem saraf. Antioksidan yang diperoleh dengan makan jeroan otak juga membantu melindungi otak manusia dan sumsum tulang belakang dari kerusakan.

4. Jantung

Jeroan jantung kaya akan folat, zat besi, seng, dan selenium. Jeroan jantung juga merupakan sumber vitamin B2, B6, dan B12, ketiganya berada dalam kelompok yang dikenal sebagai vitamin B kompleks.

Vitamin B yang ditemukan dalam daging organ memiliki efek kardioprotektif, yang berarti melindungi dari penyakit jantung. Vitamin B juga berhubungan dengan menjaga kesehatan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, dan membentuk pembuluh darah yang sehat. Mereka bermanfaat bagi otak dan telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit Alzheimer, demensia, depresi, dan kecemasan.

Jeroan jantung juga merupakan sumber koenzim Q10 (CoQ10). Ini antioksidan yang dapat mengobati dan mencegah penyakit tertentu, terutama penyakit jantung. CoQ10 telah terbukti memperlambat proses penuaan dan meningkatkan tingkat energi.

5. Lidah

Jeroan lidah kaya akan kalori dan asam lemak, serta seng, zat besi, kolin, dan vitamin B12. Jeroan ini dianggap sangat bermanfaat bagi mereka yang baru sembuh dari sakit atau bagi wanita yang sedang hamil.

Folat merupakan vitamin dalam jeroan yang dianggap bermanfaat untuk kesuburan dan membantu menghindari cacat janin pada bayi, seperti spina bifida dan masalah jantung. Selain itu, vitamin B6 dapat membantu selama fase morning sickness kehamilan.

Editor: Rindi Ariska

Foto: Shutterstock

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.