Tablig Akbar 1 Muharam Mahasiswa KKN Melayu Serumpun Hadirkan Bupati Padang Pariaman

Penulis: Haridsyah*

Gagasanonline.com – Memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1443 H, Remaja Masjid Raya Gadur (Remasraga) bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera tahun 2021 menggelar Tablig Akbar di Masjid Raya Gadur, Nagari (Desa) Gadur.

Tabligh Akbar yang berlangsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini, turut dihadiri oleh Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. Ia juga turut mengajak masyarakat khususnya remaja dan pemuda untuk memakmurkan masjid.

“Mari kita menghidupkan masjid-masjid dan surau-surau dengan salat lima waktu berjama’ah, yang mana sejalan dengan julukan kabupaten Padang Pariaman yakni kota seribu surau dan pesantren,” ajaknya, Kamis (12/08 2021).

Baca: Serikat Perusahaan Pers Cabang Riau Kunjungi LPM Gagasan


Tablig akbar ini mengangkat tema “Momen Evaluasi dan Refleksi Diri Menjadi Insan yang Lebih Baik di Situasi Pandemi” dengan mengundang penceramah lokal Ustaz Syafrizal Efendi.

Dalam penyampaiannya Ustaz Syafrizal mengatakan ada lima komponen yang harus bersatu untuk memperkuat suatu daerah, yang pertama adalah pemimpin, yang kedua adalah orang kaya, yang ketiga ulama, yang keempat pemuda dan yang kelima adalah wanita.

”Kelima komponen ini harus ada dan bersatu agar suatu daerah menjadi kuat baik dalam kehidupan sosial maupun dalam meningkatkan keimanan,” jelasnya.

Baca: Rektorat Setujui Permintaan Dema Fakultas untuk Bekukan Sema UIN Suska Riau

Ketua Remasraga Muhammad Ilham Wirdian mengaku sangat terbantu oleh mahasiswa KKN dalam melaksanakan kegiatan ini. “Saya sangat berterima kasih kepada kawan-kawan remaja masjid juga kepada kakak-kakak KKN yang telah menggerakan kami dalam menyelenggarakan kegiatan ini, tanpa bantuan kalian semua mungkin acara ini tidak akan berjalan sebagus ini,” kata Ilham.

Syaiful Rahman Gea, salah satu mahasiswa KKN Melayu Serumpun yang berkolaborasi dengan Remasraga dalam kegiatan ini berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi generasi penerus.

“Semoga kegiatan malam ini menjadi kegiatan yang bermanfaat dan dapat menumbuhkan generasi-genarasi penerus yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama di lingkungan masjid,” harap Syaiful.

Penulis adalah Peserta KKN Melayu Serumpun Delegasi UIN Suska Riau*
Editor: Annisa Firdausi
Foto: Dok. KKN Melayu Serumpun PTKIN Desa Gadur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.