Manfaat Self-Love Bagi Kesehatan Mental

Penulis : Annisatul Fathonah**

Gagasanonline.comSelf-love atau mencintai diri sendiri berarti mengharuskan diri untuk menerima dan memperlakukan diri sendiri dengan baik dan apa adanya, bukan memenuhi segala keinginan diri. Self-love merupakan aspek penting bagi kesehatan mental manusia.

Meski tidak disadari, kurangnya mencintai diri sendiri berpotensi menimbulkan masalah hidup. Seperti tidak bahagia terhadap diri sendiri, merendahkan diri di depan orang lain, dan merasa tidak layak untuk apa pun, menjadi penumbuh rasa putus asa dalam diri. Akhirnya akan kehilangan motivasi, menimbulkan frustrasi, dan mulai kehilangan kepercayaan diri. Maka mulailah belajar mencintai diri sendiri apa pun yang terjadi.

Berikut beberapa manfaat self-love bagi kesehatan fisik maupun mental dikutip dari idntimes.com.

  1. Lebih percaya diri

Seseorang yang mencintai dirinya sendiri tidak terpaku pada pencapaian orang lain. Ia memang kagum, tapi tidak membuatnya terintimidasi. Ia lebih fokus pada perkembangan dirinya, bagaimana agar hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin.

  1. Menjadi sosok yang lebih tegar dan kuat saat menghadapi orang lain

Seseorang yang mencintai dirinya sendiri, suasana hatinya akan jauh lebih kuat untuk menghadapi persoalan dalam kehidupannya.

Baca: Diselenggarakan Oktober, Begini Skenario Pelaksanaan PON Papua Bila Pandemi Tak Kunjung Usai

  1. Menjadi seseorang yang bisa mencapai semua impian dan tujuan hidup

Saat bisa mencintai diri sendiri akan lebih bisa fokus untuk mencapai semua impian dan tujuan hidup tanpa peduli dengan komentar orang lain.

  1. Menjauhkan diri dari pikiran negatif, stress, depresi dan gangguan jiwa lainnya

Orang yang tidak bisa mencintai dirinya sendiri akan selalu membandingkan kehidupannya dengan orang lain dan menimbulkan pikiran negatif. Pikiran-pikiran negatif tersebut terkadang membuat diri lebih memilih untuk mengakhiri hidup karena merasa hidup tidak berguna dan tidak pantas melanjutkan hidup.

  1. Lebih bahagia

Self-love membuat diri berusaha melihat sesuatu dari sisi positif karena diri bisa bahagia dengan apa adanya saat ini. Tidak ngoyo (KBBI: memaksakan diri melakukan sesuatu tanpa mempertimbangkan kemampuan, kondisi, dan waktu) untuk mengejar standar hidup orang lain demi menjadi ‘bahagia’.

  1. Akan memiliki hubungan yang jauh lebih sehat dengan orang-orang di sekitar

Ketika sudah bisa mencintai diri sendiri, percayalah perlahan-lahan pasti akan mulai bisa menerima dan mencintai orang lain. Sehingga menjadi lebih tahu bagaimana cara menghadapi orang lain, serta lebih bisa membangun hubungan yang harmonis dan sehat bersama orang yang dicintai.

Baca: Khasiat Konsumsi Buah Pare untuk Kesehatan

Sementara itu, dalam penerapannya seseorang menjadi lebih berpikir positif saat sedang marah, merasa sedih ataupun kecewa. Melansir dari jeda.id berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan self-love

  1. Kenali diri sendiri

Mengenali diri sendiri berarti memberikan jawaban dari pertanyaan tentang diri sendiri.  Misalnya, apa kekurangan dan kelebihan diri, apa yang diinginkan, apa ketakutan terbesar dan apa impian yang ingin dicapai .

  1. Berteman dengan orang-orang yang memberikan pengaruh baik

Penerapan self-love bisa dimulai dengan menjaga circle pertemanan dengan orang yang mampu memberi pengaruh positif dan dapat menerima apa adanya. Menghindari hubungan toxic demi kebaikan diri dan kesehatan mental.

  1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain karena setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan diri masing masing. Cobalah fokus pada tujuan dan mimpi diri dalam hidup, dengan demikian, akan merasa lebih bebas dan termotivasi untuk menjalani hari tanpa beban.

Banyak manfaat dan cara menerapkan self-love bagi kesehatan mental manusia. Jadi mulailah mencintai diri sendiri agar merasakan manfaatnya dan dapat lebih menghargai diri sendiri.

Editor : Puspita Amanda Sari

Foto: brilio.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.