Mahasiswa Keluhkan Lamanya Proses Perbaikan Dokumen di FPP

Penulis: Puspita Amanda Sari

Gagasanonline.com- Syamsul Arifin Mahasiswa Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) keluhkan lamanya waktu perbaikan dokumen di bagian umum fakultas. Untuk memperbaiki kesalahan peletakan nama dosen pada form pembimbing dan penguji, Syamsul diharuskan menunggu hampir tiga minggu.

“Pada form terdapat nama pembimbing dan penguji saya, namun di form asli nama penguji saya itu dosen A, bukan dosen C. Dengan itu saya harus menunggu perbaikan lagi,” ujarnya melalui Whatsapp pada Selasa (15/06/2021).

Syamsul bercerita, setelah mendapati formnya terdapat kesalahan, ia meminta bagian umum untuk segera memperbaiki. Ia mengatakan harusnya form  tersebut sudah selesai di 3 Juni, namun kenyataanya baru bisa diambil pada 18 Juni.

Baca juga: Wisuda UIN Suska 2021 Dilaksanakan Daring dalam Enam Tahap

“Padahal mengurus suratnya dari tanggal 27 Mei, andai pada tanggal 3 sudah selesai sesuai dengan ketentuan yang saya urus. Namun karena kecacatan (birokrasi) itu sampai hingga tiga minggu,” ujarnya.

Rocky As Mahasiswa Peternakan juga pernah mengalami hal serupa Syamsul saat mengurus surat tugas pembimbing dan penguji untuk mendaftar seminar. Rocky mengatakan, saat itu ia menunggu selama tiga minggu untuk memperbaiki kesalahan nama penguji di form miliknya.

Alhamdulillah setelah memakan waktu yang cukup lama surat tersebut telah selesai diperbaiki,” ucapnya.

Baca juga: Mahasiswa UIN Suska Belum Dapat Kepastian Pelaksanaan Wisuda 2021

Syamsul dan Rocky sepakat harus adanya perbaikan dan evaluasi dari staf umum dalam memproses dokumen-dokumen mahasiswa, apalagi bila kesalahan akibat kelalaian pihak umum sendiri.

“Menghambat proses kelulusan mahasiswa, karena harusnya usai dalam seminggu dan minggu depan sudah bisa ke tahap pendaftaran, namun diharuskan menunggu tiga minggu atas kesalahan di bagian umum Prodi Peternakan. Sudah termasuk merugikan waktu mahasiswa, harapannya kritikan seperti ini dapat memperbaiki dan mempercepat segala pengurusan surat dari pihak umum,” terang Rocky.

Gagasan sudah mengkonfirmasi ke Bagian Umum FPP, namun sampai tulisan ini dipublikasi pihaknya belum menanggapi.

Reporter: Puspita Amanda Sari
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Dilansir uinsuska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.