Mahasiswa Segel Sekretariat Sema-U

Mahasiswa Segel Sekretariat Sema-U

Penulis: Jusnaini**

Gagasanonline.com– Beberapa mahasiswa UIN Suska Riau lakukan penyegelan sekretariat Senat Mahasiswa Universitas (Sema- U)  di Rusunawa pada Senin, 21 Desember 2020. Salah seorang mahasiswa yang ingin dipanggil Dzuel mengatakan penggembokan dilakukan karena adanya kekecewaan terhadap pihak Sema-U dan Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) yang tidak ada di tempat ketika mereka mengurus persyaratan pendaftaran pemilihan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U), Sabtu (26/12/2020).

“Saya sudah menunggu dua jam, namun pihak Sema-U dan KPUM tidak ada di tempat, ini juga sebagai bentuk rasa kekecewaan terhadap jajaran Sema-U dan KPUM yang dibentuk dengan cara tergesa-gesa, di mana menurut mereka secara administrasi dan orgoniasasi itu sah, tapi kami memandang dari segi berbeda, kami tidak mau demokrasi dipolitisasi,” ungkap Dzuel. 

Dzuel juga mengungkapkan kekecewaannya karena pihak Sema-U hanya mengutus perwakilan panitia yang tidak paham permasalahan. Namun, menurutnya tidak rasional jika panitia pemilihan tidak paham mengenai administrasi dan mekanisme pemilihan.

Baca: Mahasiswa Minta Perbaikan Demokrasi di UIN Suska

Ia berharap kepada Sema-U dan sistem pemilihan Dema-U yang akan datang dapat demokratis  dan memperlakukan mahasiswa sebagaimana mestinya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Sema-U Sanarto mengatakan setelah mendengar kabar adanya mahasiswa yang akan mengantarkan berkas, tim penyeleksi berkas berjumlah dua orang datang ke lokasi dan ketika itu ia sedang dalam perjalanan dari Samarinda.

“Selasa, 22 Desember 2020 saya dan mahasiswa yang ikut dalam penggembokan sekretariat Sema-U sudah melakukan diskusi di ruang Wakil Rektor (WR) III, di sana juga sudah ada Ayahanda Promadi selaku WR III dan Ayahanda Sarmadi selaku Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan,” ungkap Sanarto ketika di hubungi via WhatsApp.

Baca: LPM Gagasan Gelar Dikdas Daring 2020

Sanarto juga mengatakan SK KPUM telah dicabut dan telah dilakukan penundaan pemilihan Dema-U untuk sementara waktu.

“Surat tersebut sudah kami bagikan dan sudah sampai ke WR III, kami akan lakukan langkah-langkah sesuai dengan regulasi yang ada, saya dan jajaran Sema-U berharap teman-teman mahasiswa dapat meredam dirinya dan belajar dari keterpurukan yang lalu,” tandasnya.

Reporter: Arbi Darmawan**, Desla Gusvira**
Editor: Wilda Hasanah
Foto: Dzuel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.