HMJ Matematika Gelar MATHINFO Secara Daring

HMJ Matematika Gelar MATHINFO Secara Daring

Penulis: Delfi Ana Harahap

Gagasanonline.com– Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Matematika Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Suska Riau adakan Mathematics Introduction Forum (MATHINFO) 2020 secara daring pada 29 Oktober dan 1 November. Tema yang diusung yaitu “Membangkitkan Generasi Matematika yang Menginspirasi”. M. Alfarozy selaku Ketua Pelaksana mengatakan tema ini diusung dari pengambilan kata bangkit yang berarti tindakan untuk melangkah maju dalam membawa perubahan lebih baik, dan kata inspirasi berarti proses untuk mendorong seseorang mengerjakan sesuatu yang memiliki nilai kreatifitas tinggi, sehingga dapat dimaknai jika MATHINFO 2020 dapat mendorong terciptanya mahasiswa Matematika yang kreatif dan penuh ide.

“Tujuan dari acara MATHINFO tahun 2020 ini yaitu untuk mewujudkan mahasiswa baru (Maba) Jurusan Matematika sebagai tangga untuk kebangkitan Matematika yang senantiasa aktif, beretika, dan menjunjung semangat solidaritas yang berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujarnya via pesan Whatsapp pada Kamis, (29/10/2020).

Rozi juga mengatakan acara MATHINFO ini menghadirkan Kepala Program Studi (Kaprodi) Matematika, Dosen Matematika, Alumni Matematika, Senior Matematika dan perwakilan Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (Ikahimatik) Indonesia dengan harapan dapat mempererat tali silaturahmi. Dalam berlangsungnya acara ini adanya sedikit kendala dalam persiapan waktu yang singkat dan jaringan yang kurang bagus dari beberapa Maba dan tamu undangan lainnya.

Smartphone panas, banyak keluar masuk juga, jadi kasi pemateri Dosen atau alumi kurang jelas sama kurang lengkap,” ucapnya.

Baca: Kemenag Akan Beri Bantuan Kuota Internet

Sementara itu Muhammad Taufik selaku Ketua HMJ Matematika menjelaskan MATHINFO merupakan acara yang rutin diadakan setiap tahunnya sebagai bentuk penyambutan dari keluarga besar matematika kepada Maba. Hal ini bertujuan memberikan penanaman pengetahuan budaya internal jurusan, serta meningkatkan kualitas generasi pionir Matematika yang menginspirasi.

“Acara MATHINFO telah dipersipakan sejak pembukaan pendaftaran Maba, agar kegiatan yang dilaksanakan dapat membuahkan hasil maksimal. Dan turut dihadiri oleh Perwakilan Ikahimatik  dalam hal ini diwakili oleh Sekjend Ikahimatik,” tuturnya.

Taufik juga turut menyampaikan rasa terimakasihnya pada seluruh Mahasiswa Matematika yang ikut serta dalam mensukseskan MATHINFO 2020 yang tahun ini harus dilaksanakan secara daring.

Baca: Rapat RDK Pimpinan Putuskan Beasiswa KIP Hanya Untuk Mahasiswa UKT I-IV

“Harapan saya kepada seluruh Mahasiswa Matematika terutama kepada Pionir Matematika 2020 semoga ikatan yang selalu terhubung ini akan terus terjaga dan semoga apa yang sudah didapatkan dalam acara MATHINFO ini dapat direalisasikan sesuai tema,” harapnya.

Dina Saputri Maba Matematika yang mengikuti MATHINFO menyampaikan rasa bangganya menjadi anggota keluarga Jurusan Matematika dan mengaku mendapat banyak pengetahuan baru dari acara MATHINFO. Ia berharap dapat lebih mengetahui seluk beluk jurusan Matematika.

“Secara daring saja sudah terlihat bahwa Jurusan Matematika ini luar biasa, apalagi jika dijelaskan secara offline,” tandasnya.

*Pada Sabtu (31/10/2020) Redaksi telah melakukan penyuntingan kata Math Info menjadi MATHINFO dalam tulisan ini. Redaksi meminta maaf pada seluruh pembaca atas adanya kesalahan tersebut.

Reporter: Delfi Ana Harahap, Feri Kurniawan
Editor: Wilda Hasanah
Foto: HMJ Matematika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.