UIN Suska Riau Adakan PBAK Daring Gelombang I

UIN Suska Riau Adakan PBAK Daring Gelombang I

Penulis: Kaka Indra Purnama

Gagasanonline- UIN Suska Riau adakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) daring 2020 Gelombang I tanggal 8-9 September 2020 melalui platform digital Zoom Meeting, Google Meet dan Youtube Live Streaming yang diikuti kurang lebih 2000 Mahasiswa Baru (Maba) jalur SNMPTK, SPAN PTKIN dan Undangan Mandiri.

Kegiatan PBAK mengusung tema ‘Melalui PBAK Kita Wujudkan Generasi Islam Yang Moderat, Berwawasan Kebangsaan yang Kokoh dan Berakhlakul Karimah.’

“Tujuannya untuk memberitahukan mahasiswa baru bahwa kita ini Islam yang penuh dengan toleransi dan penuh dengan kedamaian, kita tunjukkan islam itu Rahmatan Lilalamin. Akhlak yang baik, akhlak yang mulia itu merupakan kunci kesuksesan bagi Maba yang masuk UIN Suska Riau,” ujar Samardi selaku Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan sekaligus tim pelaksana PBAK daring pada Rabu (09/09/2020).

Baca juga: Anggota DPR RI Minta Menteri Agama Segera Copot Jabatan Rektor UIN Suska

Samardi juga mengatakan banyak kendala yang dihadapi, seperti peralatan yang belum maksimal sehingga menimbulkan kekhawatiran gangguan suara serta mahasiswa yang tinggal di tempat sulit sinyal mengalami gangguan pada jaringan internet.

“Tapi kendala tersebut diatasi dengan cara pemateri yang telah menyampaikan materinya pada kami, itu kami videokan dan videonya akan kami share di Youtobe jadi silahkan mahasiswa mendownload atau mendengarkan berulang-ulang supaya mahasiswa paham,” terangnya.

Anggi Puspitasari mengaku tidak semangat saat mengikuti PBAK daring, pasalnya tidak adanya interaksi langsung.

Baca juga: Cerita Anjay, Mahasiswa UIN Suska yang Namanya Viral

“Terus ngabisin kuota juga. Capeknya lebih kerasa,” tuturnya.

Senada dengan Anggi, Ibnu Raihan menuturkan jika PBAK yang dilakukan secara daring terasa membosankan dan membingungkan karena informasi dan materi yang disampaikan tidak begitu jelas.

“Terus kami bingung saat ada berita  kayak tadi ada yg bilang harus ngabsen setiap pergantian sesi,” tuturnya.

Meski demikian, Ibnu berharap PBAK selanjutnya dibuat secara menarik dan terbuka agar tidak membosankan.

Baca juga: PBAK Daring UIN Suska Riau Gunakan Tiga Platform Digital

“Seperti ada senda gurau antara rektorat dan mahasiswa, terus memperkenal bidang apa aja sih yang paling menonjol di UIN Suska, baik akademik maupun non akademik agar tidak terlihat membosankan,” tutupnya.

Reporter : Kaka Indra Purnama
Editor : Delfi Ana Harahap
Foto : Gagasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.