Mahasiswa Bidikmisi Hadiahkan Buku Antologi Kisah Inspiratif untuk UIN Suska Riau

Penulis: Delfi Ana Harahap

Gagasanonline.com– Mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi UIN Suska Riau yang tergabung dalam Komunitas Riset dan Penalaran (Kristal) memberikan sebuah buku berjudul “Jejak Sang Pemimpi” secara simbolis kepada Promadi selaku Wakil Rektor (WR) III UIN Suska pada 23 September 2020 di Gedung Rektorat UIN Suska dalam rangka ulang tahun UIN Suska Riau.

Sri Gustianty mahasiswa program studi Pendidikan Kimia yang bergabung dalam Kristal mengatakan tujuan pemberian buku tersebut sebagai peringatan satu dekade bidikmisi UIN Suska dan untuk membalas jasa kampus beserta program bidikmisi.

“Buku ini merupakan karya dari 22 mahasiswa bidikmisi UIN Suska di bawah naungan Kristal yang sebelumnya mengadakan program menulis dalam rangka memanfaatkan media internet di tengah pandemi,” ujarnya.

Baca: Massa Aksi Tuntut Rektor UIN Suska Dicopot dari Jabatannya

Siti Thohiroh sebagai salah satu mentor penulisan buku mengatakan proses pembuatan buku sampai bisa dipasarkan membutuhkan waktu sekitar empat bulan, mulai dari pengumpulan naskah sampai pada proses pencetakan buku.

“Tujuan diadakan penulisan ini untuk mengisi masa pandemi dengan hal positif melalui penulisan buku, menjaring mahasiswa dan alumni bidikmisi UIN Suska yang tertarik dengan kepenulisan buku dan berbagi ilmu serta pengalaman di bidang kepenulisan yang diperoleh sebelumnya. Dan untuk kado ulang tahun UIN Suska ini bersifat momentum saja,” ujarnya via whatsapp Kamis (24/09/2020).

Siti menuturkan para mentor kepenulisan di Kristal berasal dari alumni-alumni UIN Suska yang pernah mendapat bidikmisi, Mia sebagai sponsor, Siti sebagai editor, Mahder dan Rudi sebagai pencari relasi.

Baca: Dekan Himbau Mahasiswa, Dosen dan Tendik FDK Agar Tak Ikut Aksi

“Untuk menerbitkan satu buku ber-ISSBN membutuhkan biaya kurang lebih setengah juta, baru untuk menerbitkan saja ya. Buku ini kami komersilkan secara pribadi atau self publishing, tidak dipasarkan ke toko-toko buku,” ujarnya.

Dengan menerbitkan buku antologi artikel dan kisah inspiratif yang bersifat motivasi ini, Siti dan para mentor lainnya berharap tulisan dalam buku ini lebih sarat makna sehingga dapat memberikan inspirasi dan menggerakkan hati pembaca untuk lebih semangat menggembangkan potensi diri. Terkhusus untuk mahasiswa dan alumni bidikmisi, semoga buku ini bisa memberikan suntikan energi untuk lebih mempertanggungjawabkan beasiswa yang udah diberikan negara sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Semoga nantinya ada pihak-pihak yang bersedia menjadi sponsor cetakan kedua buku ini, karena cetakan kedua akan dibagi-bagikan ke sekolah-sekolah, lembaga sosial dan siapa saja yang sekiranya membutuhkan buku ini. Kami selaku keempat mentor juga meminta doa agar bisa melanjutkan cita-cita dan mendapat keberkahan hidup,” tandasnya.

 

Reporter: Delfi Ana Harahap
Editor     : Wilda Hasanah
Foto         : Kristal UIN Suska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.