Ismail: SEMA FDK Tidak Tahu Adanya Pemilihan Ketua HMPS FDK 2020

Penulis: Puspita Amanda Sari

Gagasanonline- Ismail Marzuki, Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) 2019-2020 mengatakan tidak tahu perihal pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Selingkungan FDK, karena pihak SEMA FDK sama sekali belum melakukan pemilihan Ketua HMPS FDK dikarenakan pemilihan Ketua SEMA FDK baru dilangsungkan pada 23 September 2020.

“Seharusnya pemilihan Ketua HMPS FDK sesuai dengan SK Dirjen Pendis Tahun 2016, di mana pembentukan panitia pemilihan HMPS diatur oleh SEMA Fakultas. Tata cara pemilihan HMPS juga diatur oleh SEMA Fakultas yang nantinya akan membentuk kepanitian serta tata tertib kegiatan pencalonan, bukan oleh segelintir orang, maka dengan hal itu pemilihan HMPS yang ada di FDK saat ini dapat dipastikan telah melakukan pelanggaran,” ucapnya via whatsapp pada Rabu (24/09/2020).

Ismail berharap agar Ketua SEMA FDK 2020-2021 dapat menggagas ulang pemilihan Ketua HMPS Selingkungan FDK. Ia juga menuturkan akan bekerjasama dengan pengurus SEMA FDK 2020-2021 untuk mengambil langkah lanjutan terkait pelaksanaan pemilihan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di FDK.

Baca juga: Ismail Tanggapi Surat Mosi Tidak Percaya yang Dilayangkan Ketua HMPS Selingkungan FDK

“Sampai saat ini SEMA FDK tidak tahu adanya pemilihan itu, siapa panitianya, prosedur pemilihan nya seperti apa, bagaimana persyaratannya, dan siapa saja pesertanya. Kami juga akan merangkul kepengurusan SEMA FDK yang baru untuk dapat melaksanakan pemilihan Ormawa di FDK sesuai dengan harapan kita bersama,” ujarnya.

Sesuai dengan tufoksi SEMA Fakultas sesuai dengan SK Dirjen Pendis 4961 Tahun 2016 mengenai melakukan musyawarah mahasiswa di tingkat fakultas atau jurusan, SEMA FDK telah melakukan Musyawarah Besar (Mubes) pemilihan SEMA FDK 2020-2021 melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh Azni Wakil Dekan (WD) III FDK, pengurus SEMA FDK 2019-2020 dan kandidat calon Ketua SEMA 2020-2021.

Baca juga: Mahasiswa Bidikmisi Hadiahkan Buku Antologi Kisah Inspiratif untuk UIN Suska Riau

“Ada beberapa kendala yang kita hadapi pada saat Zoom Meeting, yakni jaringan yang kurang bagus, Pak Azni sendiri mengalami, ketika hendak masuk jaringan di UIN tidak bisa nyambung, jadi beliau hanya satu atau dua menit masuk via Zoom tiba-tiba keluar lagi, kemudian beliau menelpon Saya, beliau menyampaikan tidak bisa masuk karena jaringan di UIN rupanya rusak dan mempersilahkan melanjutkan pemilihan tanpa kehadirannya,” ungkap Ismail.

Pihak LPM Gagasan sudah mencoba menghubungi masing-masing Ketua HMPS 2020-2021 Selingkungan FDK selaku pihak yang bersangkutan, yang juga melayangkan Surat Pernyataan Mosi Tidak Percaya kepada pihak SEMA FDK pada 23 September 2020, namun sampai tulisan ini dimuat tidak satupun Ketua HMPS FDK yang merespon Reporter Gagasan.

Reporter: Puspita Amanda Sari
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: uinsuska.ac.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.