Dekan Himbau Mahasiswa, Dosen dan Tendik FDK Agar Tak Ikut Aksi

Penulis: Khoirotun Nisa

Gagasanonline- Melalui surat edaran Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suska nomor B-7181/Un.04/F.IV/KS.01/09/2020, Nurdin selaku Dekan FDK menghimbau Dosen, Tenaga Pendidik (Tendik) dan Mahasiswa FDK untuk tidak ikut serta dalam seruan aksi pada 23 September 2020. Muhammad Allif Effendy Mahasiswa FDK mengatakan bahwa dirinya tidak setuju dengan surat edaran tersebut, karena menurutnya konstitusi dan Undang-Undang (UU) Negara Indonesia memberikan jaminan dan kebebasan kepada setiap warga negara untuk berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan sesuai dengan Pasal 28 UUD Tahun 1945.

“Sudah semestinya seluruh pihak menghormati hak-hak konstitusional setiap warga negara. Selain dalam konstitusi, hak menyatakan pendapat di hadapan publik telah diatur dalam Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di muka umum. Menghalang-halangi rencana aksi demonstrasi justru adalah perbuatan melanggar Konstitusi dan Undang-Undang (UU). Jadi ya kita tetap lanjut dong, kita punya hak,” tuturnya via whatsapp pada Selasa (22/09/2020).

Baca juga: Bolehkah Perjualbelikan Pecahan Uang Rp. 75 Ribu Edisi Kemerdekaan?

Senda dengan Allif, Ulima Sri yang juga mahasiswa FDK menuturkan tidak setuju dengan surat edaran Dekan dan secara pribadi mendukung gerakan aksi mahasiswa selagi tetap mematuhi prokotol kesehatan pencegahan penularan Covid-19

“Kalo soal aksi Saya dukung, karena membela hak mahasiswa dan masih di jalan yang benar. Tapi karena pandemi, diharapkan sesuai protokol. Secara pribadi miris juga lihat keadaan kampus kita. Maunya ada upaya dari petinggi untuk setidaknya membela kaum lemah. Contoh kecilnya mahasiswa baru sekarang Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada mahal. Tapi nggak bisa menikmati fasilitas kampus karena pandemi,” ujarnya.

Sedang Mega Yustari Mahasiswa FDK mengaku mendukung dan tidak mendukung surat edaran Dekan. Ia menyatakan setuju pada point tuntutan massa aksi untuk kebaikan UIN Suska Riau dan berharap agar demo 23 September dapat menghasilkan keputusan terbaik untuk UIN Suska, karena menurutnya beberapa aksi sebelumnya tidak memberikan hasil apa-apa.

Baca juga: Tak Dapat Pesan Pergantian Tanggal Ujian CAT, Kabag Akademik Beri Ujian Susulan

“Alasan setuju dengan surat tersebut karena tidak jelas mana yang bergerak, nggak tahu juga demo ini ada yang menunggangi atau tidak,” ucapnya.

Mustafa Dosen FDK menolak memberikan tanggapan terkait surat edaran Dekan.

“Saya tidak bisa memberikan tanggapan apapun, silahkan tanya yang lain,” ucapnya.

Saat dikonfirmasi ke Dekan FDK, Nurdin hanya membaca pesan yang reporter Gagasan kirimkan via whatsapp.

Reporter: Khoirotun Nisa
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Edaran FDK UIN Suska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.