Tips Melindungi Diri dari Penyebaran Covid-19

Tips Melindungi Diri dari Penyebaran Covid-19

Penulis: Juan Aditya

Gagasanonline.com – Kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia sudah masuk ke tahap mengkhawatirkan, dikutip dari Kompas.com kasus positif infeksi virus corona di Indonesia per Minggu (5/4/2020) sudah mencapai 2.273 kasus. Virus ini cepat menyebar ketika orang yang terinfeksi, batuk dan menyebarkan percikan atau cipratan cairan yang mengandung virus ke udara. Senin (06/04/2020).

Orang yang terinfeksi virus corona dapat ditandai dengan gejala awal, seperti demam yang diikuti batuk kering, gangguan pernafasan, pilek, sakit tenggorokan dan bersin-bersin. Orang yang terinfeksi akan mengalami gejala-gejala tersebut selama lima hari atau bahkan lebih. WHO mengatakan masa inkubasi penyakit ini dapat berlangsung selama 14 hari.

Dikutip dari laman BBC Indonesia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan beberapa cara untuk mencegah penularan virus ini, di antaranya:

1. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air, bisa juga menggunakan gel pembersih. Hal ini dapat membunuh virus yang lengket di tangan.
2. Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut, karena tangan yang menyentuh banyak permukaan dapat membawa virus. Virus dapat masuk ke tubuh jika Anda menyentuh area wajah.
3. Tutup mulut bila batuk dan bersin.
4. Tidak menyentuh wajah dengan tangan dan hindarilah kontak langsung dengan orang yang terinfeksi.
5. Buang tissue bekas bersin dengan segera. Ini untuk mengindari air liur yang mengandung virus menyebar ke orang lain.
6. Menjaga jarak dengan orang lain, paling tidak dua meter.
7. Hindari berjabat tangan dengan orang lain, Anda bisa mengganti berjabat tangan dengan melambaikan tangan atau mengangguk saja.

Satu poin tambahan dari penulis, sebaiknya jangan menggunakan pakaian yang telah dipakai keluar rumah secara berulang. Ada baiknya, pakaian yang telah dipakai keluar rumah segera dicuci, karena tidak menutup kemungkinan jika virus menempel dipakaian yang telah dipakai.

Editor : Delfi Ana Harahap
Foto : Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.