Mahasiswa Mudik Keluhkan Tidak Adanya Potongan Harga Sewa Kos-kosan

Mahasiswa Mudik Keluhkan Tidak Adanya Potongan Harga Sewa Kos-kosan

Penulis: Lia Resti Andani

Gagasanonline.com – Sejak dikeluarkannya Surat Edaran Rektor No. R-1246/Un.04/HM.00/03/2020, yang salah satu poinnya mengatur tentang perkuliahan yang dilakukan secara daring hingga bulan Agustus mendatang dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan UIN Suska Riau, membuat banyak mahasiswa UIN Suska memilih kembali ke kampung halaman masing-masing, Senin (06/04/2020).

Namun hal ini tetap membuat mahasiswa terbebani biaya sewa kos-kosan yang tidak memberikan potongan harga. Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Wahyu Nur Alfiah mengatakan ia tetap diharuskan membayar sewa kos tepat waktu dan tidak ada potongan harga selama kos tidak digunakan.

“Gak ada tanda-tanda bakal dikasih keringanan sih, karena waktu libur tiga bulan kemarin itu juga gak ada dikasih keringanan,” keluhnya.

Wahyu berharap pemilik kos yang ia tempati memberikan keringanan dalam pembayaran uang sewa, karena menurutnya ketetapan peliburan kuliah akibat Covid-19 adalah musibah yang tidak terduga.

“Kan dia tau ini musibah, aku juga tau ini musibah gitu. Lagian juga kos itu gak ditempati, harusnya adalah keringanannya,” tuturnya.

Hal serupa juga dirasakan Harits Nazaruddin Prayuda, Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) ini sesalkan tidak adanya pengurangan pembayaran sewa kos yang ia tempati.

“Ekonomi sedang anjlok akibat Covid-19 ini, tapi tidak ada keringanan. Masih bayar seperti biasanya, tapi ada kelonggaran waktu pembayaran,” ucapnya.

Puan Aerosa Hasibuan, Mahasiwa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) memiliki cara lain. Ia memberikan usulan kepada pemilik rumah tempatnya mengontrak untuk memberikan potongan uang sewa selama perkuliahan tatap muka diliburkan.

“Masih diomongin lagi, kemarin bilangnya bayarnya dua bulan aja. Semoga aja diiyakan sama bapak yang punya kontrakan,” tandasnya.

Reporter: Lia Resti Andani
Editor: Delfi Ana Harahap
Foto: Tribunnews.com

1 Komentar


  1. Bila ada mahasiswa atau dosen butuh jasa bersih-bersih kos-kosan, kantor atau rumah silakan kontak saya, HP : 0822-83633951. Saya siap dipanggil ke tempat. Terima Kasih.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.