Sterilkan Kampus Sambut Kedatangan Wapres RI

Sterilkan Kampus Sambut Kedatangan Wapres RI

Penulis: Lia Resti Andani

Gagasanonline.com– Lingkungan UIN Suska Riau sudah mulai disterilkan. Seluruh kegiatan diliburkan mulai dari mahasiswa hingga dosen sejak Kamis 5 hingga Jumat 6 Maret. Jelang kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Replubik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin tampak penjagaan sudah dilakukan oleh aparat keamanan 60 personil Satpam (Satuan Pengaman) UIN Suska serta melibatkan pihak-pihak Pengaman Negara seperti Kepolisian, Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Badan Intelijen Negara (BIN), Dinas Perhubungan(Dishub) hingga Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Hal itu bertujuan untuk mengamankan UIN Suska dari kemungkinan adanya penyusup menjelang hari berlangsungnya kedatangan Wapres RI pada Jumat 6 Maret. Kepala Sekuriti Nenong Tanjung mengatakan pengamanan ini dimulai sejak hari rabu dan akan dijaga lebih ketat hingga hari Jum’at. Dengan adanya pensterilan ini Nenong berharap acara bisa berlangsung dengan lancar.

“Ya mudah-mudahan acaranya lancar tak ada masalah,” ucapnya.

Baca: Jelang Aksi, Mahasiswa Adakan Teklap

Ketua Panitia dalam acara penyambutan Wapres RI, Ade Darmawi mengaku tidak mengetahui jumlah pasti Pasukan  Pengamanan Presiden (Paspampres) yang akan mengawal Wapres ketika hadir di acara tersebut. Ia menjelaskan mengenai pengamanan sepenuhnya diserahkan pada pihak Keamanan Negara seperti Paspampres, kepolisian, Komando Resor Militer (Korem) dan lainnya. “Kita hanya ikut prosedur dan ketetapannya,” katanya.

Ada pula pihak-pihak lain yang terlibat dalam pensterilan tersebut menjelang hari berlangsungnya acara seperti Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan rumah sakit. Hal ini dimaksudkan untuk menangani kemungkinan adanya keadaan genting.

“Supaya jika ada hal-hal darurat kita sudah sediakan sesuai dengan arahan,” tutup Ade.

 

Reporter: Lia Resti Andani, Teguh Arif Ramadhan, Wulan Rahma Fanni
Editor: Wulan Rahma Fanni
Foto: Gagasan/Lia Resti Andani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.