Selama Dua Pekan Perkuliahan Ditiadakan Akibat Covid-19

Selama Dua Pekan Perkuliahan Ditiadakan Akibat Covid-19

Penulis: Juan Aditya Pratama Putra*

Gagasanonline.com– Menyikapi keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 mengenai percepatan  penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) serta surat edaran Direktur  Jendral Pendidikan Islam, UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau meniadakan kegiatan belajar-mengajar di kampus selama dua pekan dan digantikan dengan sistem pembelajaran lainnya diluar kelas menggunakan media sesuai dengan ketetapan masing-masing dosen mata kuliah. 

Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah, Siti Nurjanah mengatakan wabah Virus Corona berimbas pada pembelajaran di kampus. Perkuliahan baru dua minggu dimulai, namun kegiatan di kampus dihentikan dan diganti dengan metode kelas online. Hal ini menyebabkan kegiatan belajar-mengajar menjadi tidak efektif walaupun materi pembelajaran yang diberikan sama.

“Pembelajaran tatap muka bisa melihat dosen menjelaskan materi secara langsung,” tuturnya, Selasa (16/3/2020).

Baca juga: Mapala Suska  Adakan Syukuran Anggota Muda Angkatan XXVI

Menanggapi penyebaran Covid-19 Jannah mengungkapkan Pemerintah harus tanggap menangani situasi ini, seperti negara-negara maju yang menanganinya dengan cepat selain itu masyarakat juga harus peduli terhadap kesehatan.

“Ketika diberi libur harusnya berada di rumah bukan jalan-jalan atau berkumpul di keramaian yang bisa berpotensi penularan virus tersebut,” tuturnya.

Ia berharap semoga virus ini cepat diatasi dan bisa melakukan kembali aktivitas sepeti biasa tanpa ada rasa khawatir akan Covid-19.

Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Rita Sara berpendapat virus Corona sudah menjadi musibah dan takdir dan kita hanya bisa berusaha mencegah sebisa mungkin dengan menjaga kesehatan, kebersihan sekitar serta mengurangi kegiatan di luar rumah agar terhindar dari tertularnya Virus Corona.

“Kurangi keluar rumah ajasih biar aman,” pungkasnya.

Baca juga: Himate UIN Suska Adakan Diskusi Sosialisasi Mobil Listrik dan PLTB

Kepala klinik UIN Suska Riau, Nurpelita Sembiring mengungkapkan Virus Corona sangat cepat tertular jika orang tersebut kurang istirahat atau kelelahan dimana ketika itu sistem imunitas sedang turun.

Nurpelita menyarankan agar mejaga kesehatan dengan melokalisir diri dengan tidak keluar rumah, keluar jika seperlunya saja. walaupun berada dirumah jangan lupa berolahraga serta menerapkan pola makan sehat untuk mingkatkan imun dalam tubuh. Selain itu perbanyak minum air putih, cuci tangan setelah melakukan aktifitas di luar rumah.

“Kita lokalisir diri aja demi kesehatan kita,” ujarnya.

Ia berharap agar semua tetap menjaga pola hidup sehat, imunitas dan kebersihan. Jika semua sudah dilakukan dengan baik semoga kita dapat terhindar dari Virus Corona.

Reporter: Juan Aditya Pratama Putra*
Editor: Wilda Hasanah
Foto: Gagasan/Feri Kurniawan*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.