Mahasiswa Lakukan Aksi Bertepatan dengan Kedatangan Wapres

Penulis: Juan Aditya Pratama

Gagasanonline.com – Mahasiswa UIN Suska Riau melakukan aksi yang bertepatan dengan kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin, terkait agenda kunjungan kerja serta penganugerahan Bapak Ekonomi Syariah Indonesia. Dalam aksi ini mereka menuntut Rektor UIN Suska Riau, Ahmad Mujahidin agar turun dari jabatannya karena dianggap tidak bisa memimpin lagi, Jumat (6/03/2020).

Pada aksi ini mahasiswa dihadang oleh personil keamanan seperti Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), yang sedang bertugas menjaga acara berlangsungnya penganugerahan kepada Wapres Ma’ruf Amin di Gedung Rektorat.

Baca juga: Rektor UIN Suska Riau Jawab Tuntutan Aksi Mahasiswa

Salah satu mahasiswa UIN Suska Riau, Daulay mengatakan dalam orasinya, Rektor UIN Suska Riau harus turun dari jabatannya karena tak bisa memimpin.

“Aksi ini tidak bertujuan menganggu kedatangan Wapres RI,” kata Daulay.

Sebelum menyampaikan keluhannya, massa aksi sempat terlibat aksi saling dorong dengan Polri dan TNI, karena mahasiswa memaksa masuk namun dihalangi. Selang beberapa jam, terlihat Ma’ruf Amin beserta rombongan telah meninggalkan kampus. Melihat Ma’ruf Amin dan rombongan telah meninggalkan UIN Suska Riau, Polri dan TNI memperbolehkan massa aksi masuk ke dalam kampus.

Reporter: Juan Aditya, Syahidah Azizah Sipayung
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Juan Aditya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.