KSR PMI UIN Suska Riau Rutin Adakan Bakti Sosial Donor Darah

Penulis: Delfi Ana Harahap

Gagasanonline.com – Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UIN Suska Riau adakan ‘Bakti Sosial Donor Darah’ bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Pekanbaru, membuka stan pelayanan di belakang Masjid UIN Suska Riau, Jumat (13/3/2020).

Ketua pelaksana, Sri Aftika mengatakan jika penggalangan darah merupakan program rutin KSR PMI UIN Suska Riau setiap bulannya.

“Tapi kalo dari pihak UTD kekurangan darah, atau minta darah bisa dua kali dalam sebulan,” ucapnya.

Baca juga: KKN Kebangsaan 2020 Akan Diselenggarakan di Jambi

Sri juga menyampaikan, pendonor tidak bisa diambil darahnya jika sedang dalam keadaan sakit, malam sebelumnya bergadang, tidak sarapan pagi, sedang dalam keadaan menstruasi.

“Itu penilaian awal saja, nanti di blangko ada banyak pertanyaan lagi sebagai penentu darah bisa diambil atau tidaknya,” ungkap Sri.

Sri menyampaikan nantinya darah-darah yang didapat dari pendonor akan langsung diserahkan kepada pihak UTD PMI Pekanbaru untuk difilter kembali, karena pihak UTD sebagai pengelola dan fasilitator  keperluan darah untuk Rumah Sakit di Pekanbaru.

“Biasanya kami buka stan setengah hari saja bisa dapat 60 orang pendonor, tapi setiap orang beda-beda diambil darahnya, karena kan ada juga darahnya yang sedikit,” tuturnya.

Baca juga: Ketidakterbukaan Soal Temuan Dana Rp 42 Milyar, Mahasiswa Gelar Aksi Turunkan Rektor

Salah seorang pendonor Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Taufik Dean mengatakan jika dirinya baru pertama kali mencoba donor darah.

“Ingin tahu sensasinya bagaimana. Tadi sempat ngeri juga lihat jarum dan selangnya” ucapnya.

Dean mengatakan jika ke depannya ia akan terus mendonorkan darahnya untuk membantu sesama. “Semoga darah yang kita donorkan ini bisa bermanfaat untuk orang lain, jadikan bisa sebagai amal jariyah untuk diri sendiri,” tandasnya.

Reporter: Delfi Ana Harahap
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Gagasan/Delfi Ana Harahap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.