Komunitas Kepemudaan Riau Peringati Hari Earth Hour dengan Kampanyekan Gerakan Hemat Energi

Komunitas Kepemudaan Riau Peringati Hari Earth Hour dengan Kampanyekan Gerakan Hemat Energi

Penulis : Sabar Aliansyah*

Gagasanonline.com- Dalam rangka memperingati hari Earth Hour Internasional yang jatuh pada Sabtu 28 Maret 2020, Organisasi Kepemudaan Pekanbaru yang terbentuk dari beberapa komunitas yang berada di Pekanbaru berkampanye tentang pentingnya penghematan energi yang dilangsungkan secara live Instagram, mengingat sudah diberlakukannya social distancing untuk mencegah penularan Covid-19, Senin (30/03/2020).

Selaku ketua panitia, Ikhbal menjelaskan kegiatan kampanye Earth Hour Switch Off dilakukan sebagai bentuk edukasi, informasi, literasi dan menerapkan kepedulian terhadap perubahan iklim dengan cara memadamkan listrik dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai secara serentak selama 60 menit, mulai pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat pada setiap hari Sabtu di minggu terakhir Bulan Maret setiap tahunnya.

Ikhbal berharap dengan dilangsungkannya acara ini dapat membuat masyarakat turut berpartisipasi memadamkan listrik selama satu jam.

“Harapan kecilnya agar orang-orang mampu menerapkan kebiasaan menghemat energi,” tuturnya pada Sabtu, (28/03/2020).

Baca: Mahasiswa UIN Suska Tanggapi RUU Omnibus Law

Ikhbal juga mengatakan beberapa tahun lalu kampanye Earth Hour ini hanya ditaja oleh Mahasiswa Teknik Elektro di UIN Suska Riau. Namun, menurutnya karena permasalahan birokrasi UIN Suska seperti tidak boleh kegiatan malam, maka sekarang penajanya leibh banyak dan dilakukan di luar kampus.

“Nah jadi makanya kami coba untuk mengadakan kembali dan memperkenalkan bagi yagn belum tau,” katanya.

Sebelumnya acara tersebut direncanakan dilakukan secara terbuka, namun sejalan dengan anjuran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membatasi kegiatan-kegiatan terbuka yang bersifat mengumpulkan massa yang berisiko menularkan penyebaran covid-19, maka acara tersebut dilakukan secara virtual. Ikhbal mengaku tetap merasa bahwa esensi dari kampanye ini tercapai dan sukses. 

Mahasiswa Teknik Elektro UIN Suska Riau yang turut hadir, Fuat Azhari  mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius dalam menghadapi perubahan iklim.

“Dengan adanya acara ini, kita bisa mengajak seluruh mahasiswa, masyarakat untuk turut berpartisipasi. Dan menerapkannya mulai dari diri sendiri,” ucapnya.

Anggota Komunitas Relawan Muda Riau yang turut hadir, Retno Adha Saidina juga berharap agar acara yang dilangsukan selama satu jam tersebut bisa menimbulkan kesadaran  masyarakat betapa pentingnya menghemat energi.

 

Reporter : Khumar Mahendra**, Abdul Hafiz**, Sabar Aliansyah*
Editor : Delfi Ana Harahap
Foto : Gagasan/Abdul Hafidz

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.