KKN Kebangsaan 2020 Akan Diselenggarakan di Jambi

KKN Kebangsaan 2020 Akan Diselenggarakan di Jambi

Penulis: Kaka Indra Purnama*

Gagasanonline.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2020 akan dilaksanakan di Jambi pada Juli-Agustus. Kepala Pusat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Zarkasih mengatakan pelaksanaan dilakukan secara bergilir setiap tahunnya, untuk wilayah barat di tahun genap dan wilayah timur di tahun ganjil dan juga dilaksanakan bersamaan dengan KKN Bersama.

“Kebetulan tahun 2020 ini di Universitas Jambi sebagai tuan rumahnya, karena KKN Bersama dan Nasional itu dua-duanya ada di Barat, kita fokuskan di satu penyelenggara,” katanya, Selasa (10/03/2020).

Zarkasih menyebutkan pihak LPPM akan mengadakan rapat dengan panitia penyelenggara pada 23-25 Maret 2020 guna membahas tema, jumlah delegasi peserta, serta tanggal pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersma. Ia juga menambahkan kriteria pemilihan mahasiswa peserta  KKN secara umum dilakukan dengan melihat beberapa hal,  seperti jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) yang telah mencapai 100, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.3, serta keaktifan mahasiswa dalam berorganisasi dan mengikuti event-event di luar dan dalam kampus dibuktikan dengan SK dan Sertifikat.

“Ini sambil jalan untuk awal kita persilakan adek-adek yang mau daftar aja dulu,” tambahnya.

Baca juga: Tanggapan Mahasiswa FST Terkait Himbauan Pengalihan Parkir Bagi Mahasiswa FST

Mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Meysitoh Sari mengatakan KKN Kebangsaan merupakan suatu pengabdian mahasiswa ke masyarkat dengan ruang lingkup yang berbeda, pasalnya mengikutsertakan mahasiswa se-Indonesia dari daerah yang berbeda.

“Sehingga bisa saling mengenal dan silaturahmi,” katanya.

Senada dengan Meysitoh, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Nuke Kusuma Wiranti mengatakan KKN Kebangsaan selain mengabdi dan mencari ilmu, mahasiswa juga bisa saling mengenalkan budaya masing-masing daerah mereka.

“Mahasiswa bisa keluar dan mencari pengetahuan baru, serta belajar budaya baru,” ucapnya.

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Hesti Wulan Pratami Daulay mengatakan KKN kebangsaan sangat baik bagi mahasiswa karena mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama di perkuliahan.

“KKN itu jangan main-main, karena sekali dalam seumur hidup,” tutupnya.

Reporter: Kaka Indra Purnama*
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Gagasan/ Kaka Indra Purnama*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.