Akses Jalan di Depan PKM Saat Wisuda Ditutup

Penulis: Juan Aditya Pratama Putra*

Gagasanonline.com-Sidang Senat Terbuka Universitas, Wisuda Program Doktor ke-28, Program Magister ke-58, Program Sarjana (S1) dan Diploma Tiga (D3) ke-78 periode I tahun 2020/2021 diadakan di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) UIN Suska Riau. Banyaknya tamu undangan yang datang saat acara wisuda akan membuat akses jalan menuju UIN macet. Untuk menangani kemacetan, pihak keamanan UIN menutup akses jalan di depan PKM, Rabu (11/03/2020).

Rano, salah satu sekuriti menjelaskan, akses jalan yang digunakan untuk wisudawan dan tamu akan berbeda dengan mahasiswa. Untuk itu dibagi dua jalur, jalur masuk pertama melewati gerbang utama UIN yang akses jalan menuju ke Gedung PKM masih dilalui seperti biasa, sedangkan jika melewati gerbang belakang atau jalan Buluh Cina, nantinya para tamu akan melewati jalan langsung menuju ke PKM yakni belok kiri ke jalan Rektorat dan langsung memarkirkan kendaraan di sekitar gedung PKM ataupun sekitaran Islamic Center (IC).

“Tujuan akses jalannya seperti itu biar enggak bentrok sama mahasiswa yang ke kampus,” ujarnya.

Sementara jalur masuk kedua diperuntukkan bagi mahasiswa. Akses jalan masih melewati gerbang utama, kemudian diarahkan ke kiri, jika melewati  jalan Buluh Cina mahasiswa langsung melewati jalan Fakultas dan tidak diperbolehkan melintas di depan PKM demi menghindari kemacetan seperti yang sudah-sudah.

“Intinya biar enggak macet, jadi lancar acara wisudanya,” ungkapnya.

Menurut Mahasiswa Sistem Informasi, Rakhul Rizki Illahi mengatakan akses jalan yang ditentukan oleh pihak keamaan cukup baik sehingga terhindar dari bentroknya  kendaraan antara wisudawan dan mahasiswa yang ingin ke kampus. Namun macet pasti terjadi di jalan Buluh Cina dan sedikit mengganggu lalu-lalang mahasiswa.

“Iya agak macet sih jadinya kalau ke kampus,” tutupnya. 

Editor: Siti Nurlaila Lubis
Foto: Juan Aditya Pratama Putra*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.