UIN Gelar Goro, Tanam Pohon Produktif

Penulis: Rafid Syuhada**

Gagasanonline.com – UIN Suska Riau menggelar gotong-royong (Goro) tanam pohon produktif pada 10-11 November 2019 di lingkungan Kampus Madani, dipimpin oleh Rektor UIN Suska Riau Prof Akhmad Mujahidin. Kegiatan ini melibatkan seluruh pegawai, mahasiswa, securiti, dan cleaning service (CS). Rektor menjelaskan kegiatan ini dilakukan mengingat banyak pohon pelindung non produktif tumbuh di kawasan kampus. Senin, (11/11/2019).

“Saat ini kita perhatikan sangat banyak lahan kosong di kawasan kampus kita ini yang hanya ditumbuhi oleh ilalang, dan sebagian lagi ditumbuhi oleh pohon-pohon yang tidak produktif, setiap bulannya kita harus mengeluarkan biaya untuk menebas dan membersihkannya,” ujar Rektor  saat diwawancarai di sela-sela Goro.

BacaUIN Suska Adakan Kegiatan Kehutanan, Perbanyak Penanaman Pohon Berbuah

Rektor menjelaskan bibit yang akan ditanam cukup banyak dan tidak dibeli dengan anggaran khusus, akan tetapi berasal dari  sumbangan keluarga besar UIN Suksa Riau, baik pegawai maupun dosen.

“Bahkan kita juga dapat bantuan dan sumbangan bibit pohon dari Gubernur Riau. Kita berharap penanaman pohon produktif ini untuk mencipatkan kawasan kampus yang hijau dan ramah lingkungan, pohon yang kita tanam akan berfungsi ganda. Selain menjadi sumber vitamin dari hasil buah-buahannya juga menjadi pohon pelindung dan penyejuk di kawasan kampus. Kita akan coba menanam dengan standar pertanian yang professional,” jelas Rektor.

Menurut Rektor, berdasarkan informasi dari kementerian Agama, UIN Suska Riau menjadi salah satu target pengembangan oleh Kementerian pertanian dan Kehutanan. Pada tahun 2012, UIN Suska Riau masuk ke dalam Gerakan Menanam Satu Milyar Pohon.  Dijadwalkan Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia Fachrul Razi akan hadir di kampus pada tanggal 14 November 2019 untuk pencanangan  gerakan ini.

BacaSebab Hilangnya Ucapan Assalamualaikum di Perpustakaan UIN Suska Riau

Sementara itu, Iwan Setiawan selaku Supervisor CS mengungkapkan, bibit pohon yang tersedia  untuk ditanam sekitar 7000 bibit. Jenis bibit yang dipilih merupakan pohon berbuah seperti matoa, lengkeng, rambutan, durian, mangga, dan jambu.

“Juga akan kita sediakan jenis pohon lainnya seperti  nangka, jengkol, dan petai,” ujar Iwan.

Iwan berharap kegiatan Goro yang melibatkan seluruh civitas akademika UIN Suska Riau termasuk dosen dan pegawai  ini bisa menjadi wadah mempererat tali silaturahmi bagi seluruh jajaran UIN Suska Riau.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bernilai silaturahmi dan meningkatkan ukhwah keluarga besar UIN Suska Riau,” tutup Iwan.

 

Reporter: Rafid Syuhada** Syahrul Rosyidin**
Editor: Muhammad al Hafis**
Foto: Gagasan/Rafid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.