Pohon Tumbang Hambat Aliran Listrik

Penulis: Rindi Ariska**

Gagasanonline.com – Hujan deras yang disertai angin kencang beberapa waktu lalu mengakibatkan beberapa kabel listrik di UIN Suska Riau tertimpa pohon tumbang sehingga memutus aliran listrik. Hal ini mengakibatkan terhambatnya aliran listrik di UIN Suska Riau.

Indra, Teknisi Listrik UIN Suska Riau mengatakan dirinya mendapat kabar angin kencang menumbangkan pohon dan memutus jaringan listrik pada malam 23 Oktober 2019, kemudian keesokannya ia segera menangani masalah tersebut.

“Malam kita dapat berita angin kencang, paginya langsung kita eksekusi. agi jam delapan kita eksekusi, kita normalkan dulu kabel-kabel yang jatuh di bawah, lalu dinaikkan, setelah itu dihidupkan lagi” tuturnya saat diwawancarai pada Kamis, (31/10/2019).

Baca: Dosen FPP Ungkap Penyebab Pohon UIN Suska Mudah Tumbang

Aliran listrik yang sudah diperbaiki yaitu  Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) dan Fakultas Ushuluddin (FU). Namun kabel listrik di Bumi Perkemahan (Buper) UIN Suska Riau masih belum dapat diperbaiki. “Sekarang yang di PWPTK mati, kalau mau difungsikan kita benahi lagi, kalau tidak mau difungsikan lagi, menurut pimpinan nanti kita gulung aja,” katanya.

Kejadian pohon tumbang yang menimpa kabel listrik akibat angin kencang bukan kali pertama terjadi di UIN Suska Riau, di tahun 2017 juga pernah terjadi.

Baca: Prodi Ilmu Gizi Tak Kekurangan Tenaga Pengajar

Asra Rahmi, Mahasiswi Jurusan Matematika mengatakan UIN Suska Riau perlu ditanami pohon yang lebih kuat, jika sewaktu-waktu angin kencang melanda daerah di sekitar UIN Suska Riau tidak mudah tumbang dan tidak menimpa kabel listrik.

“Sebaiknya UIN ditanami pohon-pohon yang lebih kuat lagi, yang sistem perakaran nya kuat agar pohon di UIN tidak mudah tumbang dan menimpa kabel-kabel listrik lagi,” tutup Asra.

 

Reporter: Rindi Ariska**
Editor: Lydia Latifah
Foto: Gagasan/Rindi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.