Pemindahan Buku Perpustakaan Fakultas Kurang Efektif

Pemindahan Buku Perpustakaan Fakultas Kurang Efektif

Penulis: Sabar Aliansyah**

Gagasanonline.com – Pemindahan buku-buku dari Perpustakaan Fakultas ke Perpustakaan Universitas telah berlangsung sejak Juni lalu, dianggap kurang efektif dan menyusahkan mahasiswa UIN Suska Riau, Kamis (7/10/2019).

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Kimia, Rina Agustina mengatakan buku-buku yang telah dipindahkan ke  Perpustakaan Universitas belum sepenuhnya diletakkan dalam rak. ”Buku dari Perpustakaan Fakultas itu banyak namun sedikit yang terdapat di perpustakaan universitas,” kata Rina.

Seirama dengan perkataan Rina, Yani Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah juga mengeluhkan pemindahan buku ke Perpustakaan Universitas dan menyusahkannya dalam mencari buku. Ia juga mengatakan buku yang tidak terdapat di Perpustakaan Universitas membuatnya mencari buku ke Perpustakaan Wilayah.

”Tak jarang pula kami membeli buku karena tidak menemukan buku yang kami butuhkan,” ujar Yani.

Menangapi hal itu Kepala Perpustakaan UIN Suska Riau, Rasdanelis angkat bicara, perpustakaan saat ini sedang dalam proses migrasi sistem Online Public Catalog (OPAC) untuk diperbaharui, hal tersebut telah dirapatkan bersama pegawai perpustakaan namun untuk saat ini masih menggunakan sistem lama. Ia juga menegaskan target untuk menyelesaikan perpindahan buku awal semester genap, prosesnya dimulai dari entry data, cetak label, penempelan barkot, dan diteaching kedalam sistem dapat menghabiskan waktu 15-20 menit satu bukunya.

“Karena masa transisi itu database kurang rapi, sehingga pencarian buku di OPAC tidak ditemukan di rak buku, untuk mengatasinya mahasiswa dapat bertanya kepada staff perpustakaan,” tegas Rasdanelis.

Ia juga menambahkan dana yang digunakan berasal dari dana pemerintah dan untuk penambahan fasilitas sendiri sesuai dengan kebutuhan kampus. ”Seperti pendingin ruangan karena saat ini banyak pendingin ruangan yang tidak layak pakai, ada skala prioritas mana yang penting dulu itu yang kita usahakan,” tutupnya.

Reporter: Sabar Aliansyah**
Editor: Wiwin Winarti
Foto: Ali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.