Mahasiswa Batak UIN Suska Riau Desak WD I Minta Maaf di Forum Terbuka

Penulis: Nada ‘Afra’ Rahmadani**

Gagasanonline.com– Perkumpulan Mahasiswa Batak UIN Suska Riau telah lakukan diskusi penyelesaian aksi di Gedung Rektorat UIN Suska Riau, Ali Junjung Daulay perwakilan  Mahasiswa Batak UIN Suska Riau menjelaskan  sebelumnya ia menuntut agar Wakil Dekan (WD) I Fakultas Ushuludin untuk meminta maaf di forum terbuka, Senin ( 25/11/2019).

“Hari ini berjumpa dengan beliau untuk mengambil iktikad kebaikan, beliau telah mengungkapkan permintaan maaf di muka umum,” ungkapnya.

Baca: Penyelesaian Kasus Ujaran Rasisme Hasilkan Kesepakatan Ishlah

Lalu Salmi Abdullah Sipahutar Mahasiswa Ilmu Aqidah dan Filsafat  menjelaskan penyelesaian dilakukan secara internal, dan melibatkan seluruh pihak kampus. Dan hasilkan kesepakatan  yang ditanda tangani semua kalangan yang hadir.

“Dalam pertemuan tadi menyelesaikan masalah secara internal, secara keseluruhan pihak kampus terlibat. Mulai tokoh dari adat Melayu dan Batak juga hadir, dan dengan adanyaperjanjian ada beberapa poin. Dan poin tersebut itulah yang ditanda tangani oleh yang hadir di sana,” jelasnya.

WD 1 Husni Thamrin Fakultas Ushuluddin mengungkapkan bahwa permasalahan ujaran kebencian  yang pernah dilayangkannya tidak menempuh jalur hukum karena telah diselesaikan dengan musyawarah.

Baca: Tak Ada Lapangan Sepak Bola, Mahasiswa Pinjam Lapangan di Luar Kampus

“Kita berdamai dengan tokoh Batak dan Melayu di Pondok Patin, dan tidak menimbulkan sara, konflik, dan tidak menyebarkan isu ini. Kita tidak menempuh jalur hukum tapi kita tempuh dengan musyawarah dan secara internal,” ucapnya.

Salmi juga menyampaikan jika ada pihak yang memperpanjang masalah ini, ada kepentingan di sana karena menurut penuturannya  masalah ini telah selesai.

“Masalah ini sudah diselesaikan secara internal, dan apabila adapihak-pihak lain yang ingin memperpanjang ini ada kepentingan disana. Jadi, masalah saya dengan beliau telah diselesaikan dan disaksikan oleh beberapa tokoh yang ada di UIN SuskaRiau,” cetusnya.

Reporter: Fajar Habibullah**, Muhammad Alhafis*, Al-azmi**
Editor: Tika Ayu
Foto: Fajar Habibullah**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.