Kekurangan Kelas, Mahasiswa FEIS Kuliah di Kampus Sukajadi

Penulis: Hanifa Noor**, Lutfia Jumilah Rahma**

Gagasanonline.com – Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial (FEIS) melaksanakan perkuliahan di Kampus UIN Suska Riau Sukajadi. Salah satu Mahasiswa FEIS, Ventica Cardea mengatakan penyebab FEIS kuliah di Sukajadi, kurangnya jumlah kelas di UIN Suska Riau Panam, Selasa (12/11/2019).

Senada dengan Ventica, Mahasiswa FEIS, Dewi Ratnasari mengatakan sejak semester satu sudah mulai belajar di Kampus UIN Suska Riau Sukajadi. Bahkan, tambahnya hampir semua mata kuliah dan itu berlanjut ke semester berikutnya.

“Terasa berat karena jarak yang jauh dari dari tempat tinggal. Lagipula enggak semua mahasiswa FEIS memiliki kendaraan,” keluhnya.

Baca: Minimnya Peran Lab Komunikasi Bagi Mahasiswa

Sehubungan dengan hal itu, Dekan FEIS, Muh Said mengatakan selain kekurangan kelas, penyebab lain Mahasiswa FEIS berkuliah di Kampus UIN Suska Riau Sukajadi untuk membantu dosen yang bertempat tinggal di sana. 

“Kalau memang dosennya tinggal di sana tak mungkin bolak-balik ke sini (Panam) buat mengajar. Kan kita jadi bisa membantu dosen itu menuntaskan tugasnya,” ujarnya.

Said menambahkan sistem perkuliahan di Kampus UIN Suska Riau Sukajadi sama dengan yang ada di Panam. Ia melanjutkan, jadwal perkuliahan disesuaikan dengan yang ada di Kartu Rencana Studi (KRS) masing-masing mahasiswa.

“Jika jadwal kuliah di KRS-nya pagi, berarti pagi juga belajar di sana,” jelasnya.

Baca: Mahasiswa Ungkap Kurangnya Fasilitas Perkuliahan di FTK

Terkait hal ini, Ventica Cardea membantah, terkadang dosen yang tinggalnya dekat dengan Kampus UIN Suska Riau Sukajadi meminta masuk kuliah, padahal di jadwal tidak ada kelas di Sukajadi.

“Ya sudah kalau seperti itu ikuti saja,” cetusnya. 

Said tak tahu-menahu penyebab awal Mahasiswa FEIS kuliah di Kampus UIN Suska Riau Sukajadi. Ia berkata selama awal menjabat, Mahasiswa FEIS sudah belajar di sana.

“Jadi, selama masih ada kelas yang bisa dimanfaatkan, kuliah di Sukajadi tetap diberlakukan. Kenapa tidak? Apalagi semakin bertambahnya jumlah mahasiswa,” tutupnya.

Reporter: Hanifa Noor**, Lutfia Jumilah Rahma**
Editor: Bagus Pribadi
Foto: Sri Rahma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.